Tokoh-Tokoh Penting Peletak Dasar Kitab Talmud


24 Pasal Protokolat Zionisme Dari Kongres Zionis Di Bassel, Swiss Tahun 1897Dari apa yang telah kami sampaikan dalam blog ini tentang sejarah Talmud dan pengaruhnya di dunia dan Islam khususnya, dapat diambil kesimpulan bahwa kitab Talmud adalah suatu komposisi unik yang dirangkum dari pandangan-pandangankontradiktif melalui permisalan dan hukum-hukum yang dibuat para Hakhom. Dalam segi hukum-hukumnya, Talmud sangat jauh berbeda dengan kitab Taurat.

Kitab Talmud menganggap bahwa mereka yang meyakini dosa turunan seperti anak-anak adalah salah dan keliru. Sementara Talmud menghalalkan Riba, mengizinkan penyerahan bayi sebagai kurban bagi Tuhan Maloch, kesemuanya ini merupakan hal-hal yang sangat diharamkan oleh Taurat. Talmud juga membenarkan melakukan penipuan dalam berdagang, sesuatu yang sangat kontradiktif dengan ajaran Taurat yang mengatakan: “Dengan yang bersih akan menghasilkan sesuatu yang bersih pula, dengan yang najis akan dituai yang najis pula.” (Samuel, XXII, 27).

Para Hakhom Yahudi juga mengindoktrinasi pengikutnya untuk membenci orang Kristen dan orang Asing (Goyim). Di antara mereka jika mengatakan “di hadapan Raja”, yang mereka maksudkan adalah “di hadapan anjing”. Orang Yahudi masih bertahan dengan keyakinannya itu sampai saat ini. Mereka mengambil sikap “Memberikan Dukungan Umum” pada setiap pemerintahan atau rezim di tempat mereka hidup, walaupun itu hanya sekedar berpura-pura. Sedangkan dukungan yang sebenarnya hanyalah mereka berikan pada Negara Israel seperti yang terjadi pada perang Arab –Israel tahun 1967 M. Ribuan Yahudi di seluruh dunia meninggalkan pekerjaan mereka dan bergabung dengan tentara Zionis di Timur Tengah untuk menjarah Hak dan Tanah bangsa Palestina.

Setiap orang Yahudi yang menjadi saksi bagi Yahudi lainnya di hadapan orang asing, berhak untuk melaknat dan mencaci maki secara terang-terangan. Setiap orang Yahudi terbebaskan dari ikatan sumpah dan janji terhadap orang asing. Bahkan, para dokter Yahudi tidak diperkenankan untuk mengobati pasien orang asing kecuali untuk tujuan mencari uang, atau untuk latihan profesinya. Tidak dibenarkan bagi mereka untuk menyelamatkan nyawa orang-orang asing yang tertimpa wabah penyakit.

Jika demikian halnya, sungguh benar apa yang telah diungkapkan oleh Dr. Joseph Barclay tentang kitab Talmud: “Some of Ita sayings are extravagant, some are loath some are some i blashphemous. Butmixed as they are together, They are an extraordinary monumen of human Industry, human wisdomand human folly” (Sebagian isi kitab Talmud berlebih-lebihan, sebagiannya lagi menjijikkan dan sebagian lainnya menghina Tuhan. Tapi, kesemuanya itu tersusun dalam satu campur aduk yang memberikan kesan suatu hasil karya manusia yang luar biasa, kearifan manusia dan kebrutalan manusia.)

Dalam Al-Quran juga disebutkan : (Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merubah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”(QS Al-Maidah: 13)

 

“Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; “Ini dari Allah”, (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.(QS. Al-Baqarah: 79)

 

“…..Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al Kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat”.(QS Al-Baqarah: 85)

Sebagai penutup pembahasan ini, akan kami sebutkan beberapa tokoh penting yang berperan sebagai peletak dasar ajaran kitab Talmud, mereka adalah sebagai berikut:

 

Akiba bin Joseph

Seorang ahli agama Yahudi yang mendirikan mazhab Hakhomiyah Yahudi. Dikenal sebagai peletak dasar Hukum Tak Tertulis (Talmud), lahir sekitar tahun 40-50 M dan wafat pada tahun 135 M.

 

Rashi

Nama sebenarnya adalah SalomonbenIssac, lahir di Troyes, Perancis tahun 1040 M. Ia dijuluki Rashi sebagai singkatan namanya sendiri yaitu RabenuShlomoYitzchaki (setelah menjadi Hakhom). Ia dikenal kecerdasannya sehingga mampu menyelesaikan Tafsir Tauratnya dalam usia 33 tahun. Tafsir karya Rashi termasuk dalam kategori terbaik bagi kitab tafsir Yahudi. Rashi telah menulis pula tafsir Talmud. Ia juga telah melakukan kunjungan ke Mesir dan Palestina. Wafat dalam usia 75 tahun.

 

Shammai

Terkadang dipanggil juga dengan nama Hazakenyang artinya “Paling Besar”. Telah mendirikan sekolah untuk para calon ahli hukum agama Yahudi di Jerussalem pada abad pertama Masehi. Ia menjadi musuh utama kaum Pharisi yang menganut mazhab “seenak perutnya” pimpinan Hillel. BegitupunShammai tetap lebih tinggi martabat ilmunya ketimbang Hillel. Tapi ternyata Talmud mengabadikan tantangan Shammai atas Hillel dan pengikutnya (kaum Pharisi) sebelum terjadinya dialog antara Shammai dengan mereka. Pesantrennya dinamai Beth Shammai. Bahkan Ensiklopedia Yahudi dalam materi “Shammai” telah menuduhnya berbuat keterlaluan –karena berani mengoreksi kaum Pharisi, pencipta kitab Talmud- ia juga dianggap sebagai pembangkang yang telah menyimpang karena mengajak umatnya mengikuti ajaran agama yang benar. Ia mengatakan antara lain “Jadikan Taurat sebagai bahan yang wajib dipelajari, sedikit berbicara dan perbanyaklah amalan. Hadapilah setiap orang dengan wajah yang berseri-seri dan penuh kasih sayang” (Aboth: 1:15). Jelas sekali disini, bahwa sikap Shammai ini menentang secara keseluruhan isi kita Talmud yang diciptakan oleh kaum Pharisi.

 

Meir

Ia dijuluki juga Baal Hanes yang artinya “Pembuat Mukjizat”, salah seorang ulama angkatan ketiga dari kelompok Hakhom Tannaim. Ia menjadi tokoh terbesar Talmud setelah gurunya Akiba. Nama sebenarnya adalah Measha, kemudian diubah menjadi Meir yang artinya “Cerah Ilmunya” (Munir dalam bahasa Arab) gelar ini diperoleh karena jasana melengkapi Talmud.

 

Maemonides (Musa ben Maimun)

Tokoh pemikir Yahudi, salah seorang cucu Hakhom Judah Hanasi –pencipta kitab Mishnah. Maimonides dilahirkan di Cordova, Spanyol pada tanggal 10 Maret 1135. Ditasbihkan sebagai paderi Kenisah Yahudi di Cordova pada usia yang cukup muda. Karya pertamanya adalah tafsir Mishnah, dalam pendahuluan kitabnya itu ia mengatakan “Saya Musa ben Maimun memulai penafsiran kitab ini pada usia 23 tahun dan kurampungkan pada usia 30 tahun di Mesir”.

Musa ben Maimun lari ke Kairo ketika itu karena memperoleh tekanan dari kaum Muwahhidin Andalus. Penguasa Mesir pada masa itu adalah seorang cendekia adil, yaitu Shalahuddin Al-Ayyubi. Musa ben Maimun kemudian diangkat sebagai dokter pribadi raja pertama Dinasti Al-Ayyubi itu. Tak lama sesudah kedatangan Musa ben Maimun, Shalahuddin berhasil membebaskan Jerussalem dan sebagain tanah Palestina dari tangan raja-raja Kristen. Musa ben Maimun berhasil mempengaruhi Shalahuddin untuk mengizinkan orang-orang Yahudi kembali bermukim di Palestina. Bahkan ia sendiri berhasil kembali ke Palestina setelah Shalahuddin wafat.

Tatkala berada di Kairo ia belajar bahasa-bahasa Kaldean dan Yunani. Tujuh tahun kemudian ia menjadi Guru Besar di sebuah sekolah di Fustat. Madrasah ini sebuah tempat pendidikan agama Yahudi, Filsafat, Ilmu Pasti dan Kedokteran, yang didirikan oleh orang-orang Yahudi di Mesir. Orang-orang Arab menjuluki ilmuwan Yahudi ini dengan nama Abu Imran Musa bin Maimun Ubaidillah. Muridnya yang paling menonjol adalah Joseph ben Iqnin yang terkenal di Arab sebagai Abu Hajjaj Yusuf bin Ishaq As-Sabati Al-Maghribi. Maimonides juga dikenal sebagai seorang dokter dan ahli ilmu falak yang tersohor bersama-sama dengan Sa’dia ben Barekat.

Muhammad Bahar Abdul Majid menganggap Musa ben Maimun di akhir hayatnya memeluk agama Islam, sebagai bukti salah seorang tokoh sezamannya telah menyaksikan makamnya dan tertulis pada nisan makam itu kalimat “Telah dikebumikan si makam ini Musa ben Maimun, Orang yang terusir, tercampakkan dan telah kafir”.

Saya (Zafrul Islam Khan) pun belum menemukan pernyataan seperti itu dalam buku-buku Yahudi lainnya, samak sekali bukan masalah pernyataan Islamnya. Musa bin Maimun adalah tokoh pemikir besar Yahudi sehingga mereka mempersamakannya dengan nabi Musa, mereka mengatakan “Dari Musa ke Musa belum pernah terlahir seorang pun yang seperti Musa”.

Karya Maimonides yang terpenting adalah.

  1. Daliilul Haarain, membahas masalah falsafah ketuhanan ditulis dalam bahasa Arab yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan judul Guide Of The Perplexed.
  2. Yad Hazakah yang artinya “Tangan Yang Kuat”, terdiri dari 14 bagian, Yad dalam bahasa Ibrani adalah 14.

Musa ben Maimun wafat dalam usia 70 tahun , pada tahun 1204 Masehi.

 

Hilel

Lahir di Babilonia dan kemudian pindah ke Palestina. Ia menjadi pendiri Sekolah Agama Yahudi dengan nama Beth Hillel di abad pertama masehi. Hillel dikukuhkan sebagai pemimpin agama Yahudi selama 40 tahun di Jerussalem, sejak tahun 30 sebelum masehi sampai tahun 10 Masehi. Dialah tokoh utama kaum Pharisi yang sering disitir dalam kitab Injil karena penyelewengan mereka.

 

JudahHanasi

Memperoleh gelar sebagai “Hakhom Yang Suci” atau “Sang Pemimpin”. Dialah tokoh ulama terbesar Yahudi yang menghimpun kitab Mishnah sekitar tahun 190-200 Masehi.

Sumber utama beberapa tulisan saya tentang Talmud di blog ini adalah kitab berbahasa Arab berjudul Talmud Tarikhuhu wa Ta’alimuhu oleh Dzafrul Islam Khan.

 

One Response

  1. […] Sumber: Tokoh-Tokoh Penting Peletak Dasar Kitab Talmud […]

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: