Akhir Tahun..


2013Ketika kita mengingat-ingat kembali masa-masa yang telah lalu, dengan segala rintangan yang menyertai hidup dan berbagai ketakutan-ketakutan yang menyentak kehidupan, maka pasti suatu waktu kita pernah merasakan sekejap kebahagiaan yang menghapus linangan air mata, secercah kegembiraan yang mengembalikan rasa aman, dan sedetik kesenangan yang melepas kedukaan.

Hidup ini bagi orang yang beriman tidak dihitung dari banyaknya tahun dan hari, namun dihitung dengan buah-buah yang dihasilkan oleh waktu-waktu yang dilewatinya; waktu dimana dia melewatinya dan menikmatinya dengan penuh rasa syukur kepada Allah swt disaat dalam kondisi aman dan merasakan keagungan-Nya, dikala ia berusaha menempuh jalan mencari karunia-Nya, atau diwaktu kesempitan menghimpitnya.

Demikianlah hari-hari panjang yang telah kita lalui selama satu tahun ini atau bahkan selama hidup kita tidak akan lepas dari yang namanya kebaikan dan keburukan yang diciptakan oleh Allah swt agar kita sadar dan kembali kepada-Nya.

Selanjutnya, sebagai bekal menapaki tahun baru 2014 yang sebentar lagi tiba, saya ingin berbagi beberapa tips menciptakan kebahagiaan agar kita bisa lebih optimis menapaki kehidupan. Cara mudah dan sederhana yang kami sarikan dari berbagai sumber.

  1. Berfikir positif dan bersyukurlah. Cobalah untuk selalu membuat opini yang positif terhadap diri anda, keadaanan dan terhadap Allah swt. Lakukan hari ini dengan menggunakan apa yang sudah anda miliki.
  2. Biarkan apa yang sudah terjadi. Segala sesuatu yang sudah terjadi meskipun baru sepersekian detik, tidak akan bisa diubah karena sudah jadi masa lalu.
  3. Gunakan hari ini seoptimal mungkin. Hari kemarin sudah lewat, esok belum pasti dan yang anda miliki hanyalah hari ini.
  4. Jangan terlalu memikirkan masa depan. Masa depan terbentuk oleh apa yang anda lakukan hari ini, kalau hari ini anda isi dengan amal shaleh, masa depan anda juga akan baik.
  5. Taburkanlah kebaikan kepada orang lain dari apa yang bisa anda lakukan.
  6. Hindari perasaan hampa dalam hidup.
  7. Perbaiki pemahaman anda tentang takdir yang baik dan yang buruk. Ubah dari takdir yang bisa anda ubah, dan biarkan yang tidak bisa diubah.
  8. Yakini bahwa di balik kesulitan pasti ada kemudahan dan pelajaran berharga buat kita.
  9. Berdoa dan mendekat kepada-Nya.
  10. Kuatkan iman dan meyakini bahwa apapun yang anda lakukan hari ini akan mendapat balasan entah apa bentuknya.
  11. Bersihkan hati dari sifat dengki.
  12. Temukanlah perjuangan anda karena anda hanya akan bahagia ketika anda meperjuangkan sesuatu.

Semoga yang sedkit ini bermanfaat dan menginspirasi…

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: