Tips Menghafal Al-Quran


Ahli Tafsir KontemporerSalah satu diantara keajaiban Al Qur’an adalah bahwa Allah telah memudahkan Al Qur’an untuk dihafalkan, dan diingat, Sebagaimana Firman Allah : “ولقد يسرنا القرآن للذكر فهل منمدكر” Artinya : “Dan sungguh telah kami mudahkan Al-Quran sebagai peringatan, maka apakah ada orang yang mau mengambil pelajaran ?” (QS Al Qamar: 17)

Nah, bagi ikhwan dan akhwat sekalian yang masih merasa sulit untuk menghafal Al Qur’an, bisa mencoba tips-tips berikut ini , semoga bermanfaat :

  1. Hendaknya niat kita menghafal Al Qur’anikhlash karena Allahswt, bukan karena mengharapkan hasil yang lain,  misalnya : niat menghafal Al Qur’an tercampur keinginan untuk ikut lomba hafalan Al Qur’an. Ini penting karena menyangkut diterima atau tidaknya amal ibadah antumdisisi Allahswt.
  2. Pastikan dalam menghafalkan Al Qur’an, antum dalam keadaan suci dari hadats.
  3. Pilihlah tempat yang kondusif untuk menghafal dengan melihat content yang akan kita hafal. misalnya kita menghafalkan sesuatu yang membutuhkan analisa maka lebih tepat kita berada di tempat terbuka; misalnya di taman, di serambi rumah dll yang akan memudahkan kita memahami pelajaran yang kita hafal. Akan tetapi dalam menghafalkan Al Qur’an  maka kita membutuhkan tempat yang jauh dari keramaian dan tidak banyak berinteraksi dengan manusia maupun lingkungan, misalnya di masjid, dikamar pribadi, dan yang semisalnya. Itu akan menambah kekhusyu’anantum dalam menghafal.
  4. Pilih waktu yang tepat, waktu yang longgar , misalnya sebelum sholat subuh dan sesudahnya, atau disetiap sebelum atau sesudah sholat 5 waktu.
  5. Hafalkan Al Qur’an dengan maknanya (tahu arti dari ayat-ayat yang kita hafal), sebelum menghafal, kita baca terjemahannya, tentunya akan lebih baik lagi jika antum bisa bahasa arab, dan tahu tentang i,rob kalimat.
  6. Dalam tekhnik menghafal, setiap individu akan berbeda cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada yang lebih cepat hafal dengan membaca saja dengan suara yang keras, ada yang dengan menuliskan ayat-ayat yang dihafal, atau ada juga yang lebih cepat dengan mendengar murottal. Nah ini adalah tugas antum untuk tahu dengan cara yang mana antum dapat  lebih efektif dan cepat menghafal, atau antum akan menggunakan ketiga-tiganya ya tidak masalah.
  7. Mulailah dengan ayat per ayat dan jangan terburu-buru, selesaikan satu ayat kemudian lanjutkan dengan ayat berikutnya, untuk melanjutkan ayat yang ketiga dan seterusnya antum harus sudah hafal benar ayat-ayat sebelumnya.
  8. Gunakan Sistem Sabak, Sabki, Manzil. Sabak adalah hafalan baru, Sabki adalah hafalan yang kemarin kita hafalkan. Manzil adalah hafalan 1 Juz yang telah lewat. Di setiap harinya dalam menambah hafalan maka wajib disertakan pula hafalan kita yang kemarin. Dan setiap telah selesai 1 juz maka wajib mengulangnya ketika masuk juz berikutnya. Contoh : Pagi ini kita menghafalkan Surat Al-Qalam, maka itu disebut sabak. Setelah selesai dilanjutkan dengan mengulang Surat Al-Mulk yang kemarin sudah kita hafalkan, itu namanya Sabki, lalu nanti ba’dadhuhur atau sebelumnya kita murojaah 1juz ke belakang yaitu juz 30. Demikian seterusnya, jangan menambah hafalan baru sebelum hafal benar surat yang kita baca.
  9. Sebuah pantangan bagi penghafal Al Qur’an adalah memiliki rasa iri dan dengki. Jika antum memiliki perasaan tersebut maka buang dulu perasaan tersebut, dan selesaikan dulu masalah antum, karena itu akan sangat mengganggu.

Muraja’ah hafalan, lebih baik lagi jika dibaca ketika sholat malam dan memang ciri khas seorang penghafal Al-Qur’an adalah rajin shalat malam

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: