Madu


MaduDulu Auf bin Malik al-Asyja’i Ra memakai celak dengan madu dan memakainya sebagai obat dari segala maeam penyakit, karena ia pereaya kepada Kitab Allah dan firman Allah, juga didalamnya terdapat obat bagi manusia.” (QS.An-Nahl: 69). Allah telah menjadikan makanan untuk lebah dari setiap sari bunga buah-buahan supaya menjadi nyata keistimewaannya sebagai obat bagi seluruh umat manusia.

Seorang ulama berkata, “Lebah yang telah diberi wahyu (ilham) agar membuat beberapa sarang dari gunung dan pe-pohonan dan dari sesuatu yang Dia tanani, tidak ragu lagi bahwa Allah dengan wah-vunya yang mulia memberikan kepadanya rahasia yang sangat besar. Rahasia darinya adalah: Allah memberi wahyu kepadanya supaya ia makan dari setiap buah-buahan, setelah itu ia pergi dijalan Allah, dengan khusyuk, tunduk kepada Allah, karena ia diciptakan untuk menyembah dan bertasbih kepada Allah.

Demikian itu dilakukan bersama anak buahnya dan golongan lebah. Maka keluarlah dari perutnya minuman yang bermaecam-macam warnanya. la sebagai obat bagi manusia dari penyakit-penyakitnya. Di dalamnya terdapat bukti yang agung bagi orang yang man berpikir dan mau memikirkan. Diisyaratkan oleh kajian-kajian khusus tentang madu, terdapat kira-kira seratus ribu tumbuh-tumbuhan yang memberikan sarinya kepada lebah.

Dunia kedokteran modern saat mi telah menetapkan, selain sebagai makanan madu juga berfungsi sebagai obat yang dapat menyembuhkan banyak penyakit. Di antara penyakit yang dapat disembuhkan dengan madu adalah: penyakit al-jitmah (luka-luka), penyakit saluran pernafasan bagian atas, pilek, dan penyakit-penyakit al-ri’ah (usus), pe-nyakit-penyakit hati, lambung. penyakit al-kabidi (jantung). penyakit kulit dan mata. Madu juga dapat mengobati penyakit al-hassasiyah (sariawan), menormalkan tekanan darah (dlaghth ad-dam), penyakit ginjal, kening batu dan rematik. Madu juga dapat membunuh kuman-kuman. Secara alamiah madu mengandung zat gula yang tidak membutuhkan penambahan gula buatan. Oleh karena itu madu mempunyai banyak manfaat antara lain:

  1. Mudah diserap (diabsorpsi) oleh usus;
  2. Memberikan kekuatan (energi), yang dalarn satu kilogram madu dapat memberikan 3.250 kalori.
  3. Tidak merobek dinding-dinding bagian dalam dari alat-alat pen-eernaan.
  4. Mempunyai pengaruh seeara alamiah melalui proses perlahan-lahan sehingga membantu selama penyembuhan berbagai penyakit-penyakit dalam tubuh.

Karena baiknya madu, Rasulullah Saw menyerupakan an-nahlah (lebah) dengan al-mukminin (orangMukmm), sebagaimana sabdanya:

Sesungguhnya, perumpamaan orang Mukmin seperti lebah, la makan hal-hal yang baik (sari bunga), memberikan madu dengan amat baik, dan hinggap dengan tempat baik, maka ia tidak menyebabkan patah dan tidak pula membusuk.” (HR Ahmad)

Berikut ini beberapa manfaat madu untuk tubuh manusia :

  1. Madu kental dapat menghentikan pertumbuhan bakteri Candida albicans.
  2. Madu yang mengencer hingga 40% menjadi bersifat bacteridal (pembunuh bakteri), sehingga mampu berperan sebagai anti bakteri dan anti jamur.
  3. Madu ampuh melawan Salmonela shigela, E. Coli dan Vibrio cholera penyebab penyakit kolera yang telah merenggut jutaan penduduk dunia.
  4. Madu dapat mengobati luka infeksi setelah operasi, borok, obat untuk terapi pasca operasi pasien kanker vulva, luka jahitan, luka bakar, luka lecet, dan pencangkokan kulit.
  5. Madu memperpendek masa hidup bakteri diare pada balita.
  6. Sebagai obat luka, madu mampu menyerap air pada luka, sehingga mencegah infeksi dan memperbaiki jaringan kulit dengan cepat.
  7. Madu menembus luka dalam, dan membantu pembentukan butiran jaringan baru.
  8. Madu menghentikan pertumbuhan organisme patogen pada pasien infeksi saluran kencing.
  9. Karena mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan, madu adalah sumber energi instan. Satu sendok makan madu dapat memasok energi sebanyak 64 kalori.
  10. Madu bersifat antibakteri karena keasaman alami dan hidrogen peroksida yang dihasilkannya.
  11. Konsumsi madu secara teratur memperkuat sel darah putih untuk melawan bakteri dan penyakit yang diakibatkan oleh virus.
  12. Madu baik untuk mata dan penglihatan.
  13. Mengurangi efek yang ditimbulkan oleh racun.
  14. Madu berguna untuk infeksi saluran kencing.
  15. Madu mengatasi rasa pusing.
  16. Madu yang langsung diambil dari sarangnya dapat meningkatkan berat badan, dan merupakan obat pencahar yang ringan.
  17. Madu yang disimpan lama membantu metabolisma tubuh.
  18. Madu bisa mengawetkan makanan.
  19. Kue-kue dengan menggunakan madu sebagai pengganti gula pasir akan lebih lama segarnya karena mengandung antibiotik alamiah.
  20. Madu mengatasi gangguan pernapasan, terutama untuk mengusir dahak atau cairan yang menyumbat saluran pernapasan.
  21. Madu dipercaya sebagai aprodisiak atau pembangkit gairah seksual.
  22. Madu adalah disinfektan ringan, sehingga mampu menyembuhkan radang tenggorokan.
  23. Cairan manis ini juga bisa meningkatkan produksi saliva atau cairan ludah yang dapat membantu mengatasi tenggorokan yang kering atau teriritasi.
  24. Para penyanyi opera memanfaatkan madu untuk memelihara kondisi tenggorokan mereka agar bisa menyanyi dengan kualitas suara yang prima.(Tips : Ambil sesendok madu untuk menenangkan peradangan atau kumur dengan campuran dari dua sendok makan madu, empat sendok makan jus lemon dan sedikit garam).
  25. Semua madu alam bisa mengobati luka karena lecet atau terbakar.
  26. Madu bisa mengobati masuk angin.
  27. Penderita maag, aman mengonsumsi madu.
  28. Penderita diabetes juga aman mengonsumsi madu, di bawah pengawasan dokter
  29. Penderita alergi di sebuah lingkungan, bisa disembuhkan dengan mengonsumsi sesendok madu setiap hari dari lingkungan yang sama.
  30. Campuran madu dan jus wortel bermanfaat untuk penglihatan dan baik untuk mereka yang sering berlama-lama bekerja di hadapan komputer.
  31. Madu bisa menghilangkan gejala asma jika dikonsumsi dalam bentuk jus bersama bubuk lada hitam dan jahe.
  32. Untuk menjaga tekanan darah, madu dikonsumsi bersama bawang putih.
  33. Madu bisa mengurangi berat badan dan membersihkan darah.
  34. Madu mengobati penyakit anemia.
  35. Madu dapat mencegah Osteoporosis.
  36. Selain mengatasi pilek, madu juga adalah obat untuk batuk.
  37. Mereka yang paling panjang umurnya selalu mengonsumsi madu secara teratur.
  38. Suatu fakta yang menarik lainnya adalah peternak lebah terhindar dari kanker dan penyempitan pembuluh darah.
  39. Setiap 1.000 g madu bernilai 3.280 kalori. Nilai kalori 1 kg madu sama dengan 50 butir telur atau 5,575 l susu, atau 1,680 kg daging.
  40. Madu bermanfaat untuk kesehatan lambung.

*Diambil dari berbagai sumber dengan referensi utama buku Kemana Seharusnya Anda Berobat? karya dr. M. Saifudin Hakim

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: