Pisang, Khasiat Luar Biasa Pada Makanan Ahli Surga


khasiat pisangAllah swt berfiman dalam QS. Al-Baqarah: 168 yang artinya “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

Termasuk sebagian dari rahmat Allah swt adalah Dia tidak cukup menunjuk pada orang beriman saja, tetapi kepada seluruh manusia seakan-akan Allah swt ingin menyampaikan bahwa Dia telah menciptakan seluruh yang apa-apa yang ada di bumi ini untuk seluruh manusia baik yang mukmin atau yang kafir. Seakan-akan Dia juga menyatakan kepada orang kafir: Jika memang kalian tidak mau beriman kepada Allah swt maka ikutilah orang-orang mukmin yang memakan perkara yang halal saja karen itu baik dan bermanfaat untuk dunia kalian, karena Allah swt tidak pernah mengharamkan kecuali karena ada kemudharatan dan tidak menghalalkan kecuali karena ada kebaikan.

Di antara jenis makanan yang telah Allah swt berikan dan banyak mengandung kebaikan adalah buah sayur dan tumbuhan. Berikut ini beberapa fakta tentang buah, sayur dan tumbuhan itu.

  • Buah, sayur dan tumbuhan sebagai senyawa komplek yang mempunyai banyak khasiat
  • Buah, sayur dan tumbuhan sangat aman dikonsumsi tanpa efek samping kecuali bila berlebihan
  • Buah, sayur dan tumbuhan mudah didapat dan dapat digunakan semua orang tidak seperti obat
  • Buah, sayur dan tumbuhan halal dari semua aspek, sesuai dengan bagaimana cara memperolehnya, bagaimana cara mengolahnya, dan bagaimana cara menyajikannya dll.
  • Buah, sayur dan tumbuhan baik untuk tubuh dengan melihat aspek manfaat dan dampak negatifnya buat tubuh

Selanjutnya, kali ini kita akan membahas salah satu buah yang sudah sangat familiar di telinga orang-orang Indonesia yaitu buah Pisang. Orang mengenal pisang sebagai buah yang dihidangkan sebagai penutup makan sekaligus pencuci mulut karena khasiatnya yang mampu menghilangkan bau mulut. Berbeda dengan pandangan masyarakat sekarang yang menyatakan pisang identik dengan makanan orang desa. Ya sah-sah saja, karena memang pisang adalah makanan yang banyak ditanam di daerah pedesaan. Sehingga pisang menjadi makanan sehari-hari para masyarakat desa. Tapi tahukah anda kalau zaman dahulu, para filsuf dan cendekiawan India sering memakan buah pisang sebagai hidangan, sehingga tak salah kalau orang-orang dahulu menyebut pisang sebagai “makanan para filosof”. Dari sini dapat disimpulkan bahwa pisang bisa membantu pertumbuhan otak.

Lebih jauh lagi, ternyata Pisang yang sering disepelekan dan dianggap makanan orang desa itu ternyata adalah buah penduduk surga, gak percaya!! silahkan buka QS Al-Waqi’ah: 27-28 atau langsung saja saya lampirkan disini, ini terjemahannya: “Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).”

 Dalam Tafsir As-Sya’rawi disebutkan hadis-hadits tentang tafsir kata { وطلح منضود }

 Disebutkan oleh Abdurrazaq dan Al-Firyabi dan Hannad dan Abd bin Humaid dan Ibnu Jarir dan Ibnu Mardawaih dari Ali bin Abi Thalib ketika menafsirkan ayat tersebut, beliau berkata: itu adalah pisang. Dan dikuatkan juga riwayat dari Abu Said Al-Khudri yang meyebutkan tafsir yang sama.

Khasiat Pisang

  1. Mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata
  2. Mengandung vitamin B2
  3. Mengandung potasium yang tinggi dengan yodium yang sedikit
  4. Mengantisipasi keasamaan lambung
  5. Mengandung hormon Melatonine yang mampu mencegah ketuaan dan menjaga agar awet muda
  6. Mengandung kolesterol, karbohidrat dan protein
  7. Tinggi kalium
  8. Tinggi oligosacharida
  9. Bersifat basa
  10. Dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba dari pisang untuk memproduksi antigen untuk coating Virus Hepatitis B
  11. Daun pisang untuk luka bakar
  12. Cocok bagi penderita gizi buruk dan kurang vitamin
  13. Buah pisang yang telah masak mengandung sumber protein dan gula yang mampu menghasilkan tenaga dan menggerakkan kehidupan.
  14. Para peneliti mengungkapkan bahwa buah pisang adalah satu-satunya buah yang bila dimakan mentah bisa menyembuhkan penyakit luka lambung dan menurunkan tekanan darah tinggi, hal ini disebabkan pisang memiliki kandungan potasium yang tinggi dengan yodium yang sedikit.
  15. Mengantisipasi keasaman lambung dan cocok bagi penderita gizi buruk dan kurang vitamin.

Nah, sudah tahu kan, bagaimana khasiat buah pisang. Buah yang sering disepelekan dan dianggap makanan orang desa ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Bagaimana pandangan anda pada buah pisang sekarang? Masihkah kita menganggap sepele makanan surga ini?

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: