Software Aayat di Desktop dan Android


software aayatProgram atau software Aayat adalah program Al-Quran terbaik (mumtaz) yang pernah saya temui. Pasalnya, software ini menyediakan semua fitur untuk komputer pribadi tanpa perlu koneksi ke Internet. Software ini juga menyediakan bacaan masayikh dan qurra’ mu’tabar. Sebut saja sejumlah qurra’ yang tidak asing lagi seperti; Musyari Al-Afasi, Al-Husari, Al-Huthaify, Maher Al-Moaqeli, Mohamad Jibril, Awad Juhani, Al-Mensawy, Khalifah Tunaiji dan Qurra’ bacaan Warsh seperti; Ibrahim Al-Dosari dan Yassin Al-Jazairi.

Tentu saja kehadiran software ini sangat membantu untuk lebih mendekat dengan Al-Quran; karena selain mendengar bacaan masayikh kita juga bisa membaca tafsir dalam bahasa Arab dari beberapa kitab tafsir seperti; As-Sa’di, Al-Baghawi, Ibnu Katsir, Qurtubi, Ath-Thabari dan I’rabul Quran serta terjemah Al-Quran dalam 12 bahasa seperti; Indonesia, Inggris, Arab, Turki, Kurdi, Prancis, Portugis, Itali, Malay, Espanol dan Bosanki.

Khusus untuk para pengajar Al-Quran di lembaga-lembaga Tahfidz, di program ini ada menu ‘latihan hafalan’ di Task bar atas atau di panel sebelah kiri. Jika anda memilih menu ini maka akan muncul dua halaman Al-Quran yang hanya tampak sebagian ayat. Nah….untuk mengetes hafalan kita atau santri bisa digunakan metode ini, kalau santrinya kesulitan bisa kita tampilkan ayat sekilas dengan meletakkan kursor di atas lembar yang kosong dan akan muncul ayat yang tersembunyi. Di sini ada option ‘Latihan Baru’ untuk membuka lembar soal yang lain dan ada option ‘Lihat Jawaban’ untuk melihat halaman penuh jawaban ayat tadi. Beberapa kali tehnik ini saya gunakan untuk santri saya dan mereka cukup tertarik dan antusias.

Untuk dapat menggunakan program ini tanpa koneksi internet anda harus terlebih dahulu men-download konten yang diminta (file audio bacaan, tafsir, file terjemahan dan file gambar untuk halaman dari Al Quran) pada komputer Anda dan ini dapat dilakukan melalui tiga cara:

  • download konten sesuai dengan batas-batas tertentu itu bisa di lakukan dengan melihat daftar download konten (di sebelah kiri layar), yang memungkinkan Anda untuk men-download Quran seluruhnnya atau sebagian darinnya dengan suara satu orang atau lebih, serta memungkinkan Anda juga untuk men-download tafsir dan terjemahannya, serta gambar dari halaman situs.
  • men-download konten yang diminta dalam bentuk data, paket yang akan diimpor ini bisa tersedia lewat situs program (tersedia dalam paket file membaca dan file gambar)
  • download konten pada saat di gunakan – artinya pada saat anda sedang koneksi Internet mendengarkan suara qari sa’ad alghamidi surat al-waqiah,maka secara otomatis akan tersimpan satu surat bacaan tanpa perlu terhubung lagi ke Internet ketika anda ingin mendengarkannya lagi.

Jika anda ingin mendownload software ini di desktop saya sarankan anda mendownload file paket yang berisi file terjemah, tafsir, file gambar dan bacaan salah satu syaikh. Sebagai contoh saya telah mendownload file paket yang berisi bacaan Syaikh Saad Al-Ghamidi, sengaja saya pilih karena ukurannya yang lebih kecil dari yang lain sekitar 532 KB. Lalu untuk mendapatkan bacaan syaikh yang lain saya gunakan cara pertama dan cara ketiga di atas, cara kedua tidak saya gunakan karena waktu saya download file bacaan syaikh Misyari juz 1-3 dan 4-6 dan saya impor, software Aayat malah jadi not responding.

Di Android, sayang sekali Android saya berlayar kecil dan untuk menggunakan software ini saya harus mendownload 640 halaman, belum lagi file bacaan dan tafsir, duh…kasian Andro saya kalau harus mendownload semuanya. Akhirnya saya lebih memilih Quran for Android yang sudah ada sebelumnya di Andro saya. Quran for Android lebih simpel, dan tampilan layar yang bisa berubah jadi landscape membuat text arabnya lebih lebar. Tapi, bagi anda yang mempunyai Hp atau Tablet Android yang layarnya lebih lebar, tidak salahnya mendownload program unggulan ini.

Link
Download File Pack Program Aayat untuk Desktop
Download Program Aayat untuk Android

2 Responses

  1. Terima kasih atas perkongsian saudara.

    • Terima kasih kembali, ini hanya hal kecil yang saya lakukan untuk lebih memperkenalkan edukasi islam kepada masyarakat islam.

Kirim Komentar Anda

