Pengalaman Tour di Rumah Sakit Holistik Purwakarta


RS Pusat Holistic - IHTH PurwakartaIni adalah catatan kecil saya ketika kemarin berkunjung untuk tour ke Rumah Sakit Holistik Indonesia di Purwakarta yang dikenal sebagai satu-satunya dan yang pertama di Indonesia. Namun sebelumnya saya ingin memberikan sedikit pengantar tentang makna Holistik yang juga terangkai dalam kara rumah sakit holistik ini.

Berdasarkan artikel yang sempat saya baca dari salah satu artikel di internet, dijelaskan bahwa Holistik diambil dari kata whole yang artinya menyeluruh atau holisme yang berarti keseluruhan, total yaitu suatu pandangan bahwa semuanya di sistem alam semesta ini (sistem fisik, biologis, kimia, sosial, ekonomi, mental, bahasa, dll) tidak bisa ditentukan atau dijelaskan secara bagian-bagian terpisah saja, tapi dijelaskan secara keseluruhan.

Selanjutnya silahkan menyimak catatan kecil saya berikut ini dan saya sangat ingin mengucapkan terima kasih atas kehangatan yang diberikan teman-teman mahasiswa athin selama tour kemarin. Saya sangat menghargai persahabatan yang kita jalin bersama.

Selasa, 12 Maret 2013 kemarin, saya beserta teman-teman pengurus dan mahasiswa program thib nabawi Akademi Thibbun Nabawi (Athin) Bekasi mengadakan kunjungan ke sebuah rumah sakit holistik di Purwakarta, Jawa Barat.

Sebelum pemberangkatan kami berkumpul di depan gedung perkuliahan sekitar jam 06.00 pagi. Setelah rombongan sarapan satu armada bus sudah siap membawa peserta tour ke bumi parahayangan. Tepat jam 07.00 pagi kami semua berangkat menuju rumah sakit holistik yang hanya berjarak kurang lebih dua jam perjalanan.

selasar holistik

selasar holistik

Kesan pertama yang saya rasakan saat menginjakkan kaki pertama kali di rumah sakit holistik adalah suasana alam yang sangat kental, hampir tidak menyangka kalau sedang di rumah sakit. Letak rumah sakit yang jauh dari hiruk pikuk kota membuat udara di sekitar rumah sakit sejuk dan segar.

Kami disambut oleh beberapa perawat yang masih sangat muda,cakep dan cantik-cantik lagi he..he…kebanyakan mereka masih berstatus mahasiswa di Stikes Holistik dan sudah belajar selama satu tahun lebih.

Kami diantar ke Aula yang terletak di lantai bagian atas. Disana telah disediakan jus melon dan snack kotak yang siap untuk kami konsumsi. Makanan ala holistik benar-benar enak dan menyehatkan.

Setelah selesai menikmati suguhan selamat datang, mahasiswa Athin Bekasi mengikuti seminar selama kurang lebih dua jam. Namun sayang materi ini tidak dibawakan langsung oleh Dr. Husen A.Bajry karena beliau sedang berkunjung ke …….karena akan mendirikan cabang rumah sakit holistik disana. Materi disampaikan oleh bapak Ahmad Yani, S.gz yang menyampaikan materi gizi. Materi ini pernah didapatkan mahasiswa di perkuliahan Athin bahkan lebih lengkap dari yang disampaikan disini, meski demikian kami tetap enjoy, apalagi ada pembagian door prize di akhir acara seminar.

halaman kamar rumah sakit

halaman kamar rumah sakit

Selepas seminar kami menunaikan shalat dhuhur yang dijama’ dengan ashar, dan setelah itu kami berkeliling di sekitar rumah sakit. Rumah sakit holistic ini mengembangkan metode penyembuhan penyakit dengan berbagai macam therapy. Beberapa diantarnya adalah :

  1. Fisiotherapy. Yaitu sejenis exercise yang ditujukan untuk para penderita sroke
  2. Koryo Sooji ChimYaitu pengobatan akupuntur dari Korea.
  3. Bio Simulation. Adalah sejenis therapy pijat akupuntur, acupressure, dan massage.
  4. Colema Enema (Colon Cleansing). Yaitu therapy untuk membersihkan colon. Colon dicuci dengan air yang dimasukkan lewat saluran pembuangan (anus). Therapy ini untuk menolong penderita konstipasi.
  5. Bio Cellular Treatment. Therapy yang menggunakan kerja computer. Jadi cara kerjanya adalah computer akan memancarkan gelombang ke tubuh untuk mengidentifikasi organ-organ yang lemah. Lewat therapy ini keakuratan adanya suatu penyakit di organ tubuh bisa diidentifikasi dengan baik.
  6. Magneto Therapy. Therapy ini memanfaatkan kerja magnet. Digunakan untuk menstimulasi akupuntur untuk pasien kanker.
  7. Ozone Therapy. Therapy ini menggunakan ozone untuk mesin cuci darah. Therapy ini banyak digunakan oleh penderita diabetes. Selain itu bisa juga digunakan untuk oksigenasi darah dan cuci darah.
  8. Homoetherapy atau LHT (laser homo therapy). Therapy ini berfungsi untuk menghancurkan plak-plak yang ada dalam darah.
  9. LNT (Laser Nose Therapy). Menggunakan fungsi laser yang digunakan untuk memperbaiki sirkulasi pernafasan.

Usai mengelilingi ruangan demi ruangan RS Holistik, saya beserta rombongan mahasiswa Athin menuju tempat herbal dimana herbal-herbal yang ada di rumah sakit ini ditanam dan dipelihara. Subhanallah…lahannya sangat luas sampai kami merasa capek berkeliling ria.

pemandangan sekitar holistik

pemandangan sekitar holistik

Selepas tour ini saya menilai bahwa Rumah Sakit Holistik ini menerapkan holistik modern yaitu suatu teknik penyembuhan yang menggabungkan teknik penyembuhan tradisional dengan teknologi dan sains modern yang memanfaatkan alam dengan prinsip holisme. Hal ini juga sudah terlihat dari gelar pendirinya yaitu Dr. Husen A. Bajry, M.D., Ph.D. DM adalah singkatan dari Doktor of Medicine yang di Amerika gelar ini diberikan pada disiplin pengobatan allopathy atau medis konvensional.

Sementara itu pendidikan yang digelar di Athin Bekasi lebih ke Holistik Tradisional, yaitu teknik pemyembuhan yang yang memanfaatkan alam dengan prinsip holisme. Biasa disebut pengobatan alternatif atau tradisional . Yang termasuk holistik tradisional seperti akupunktur, akupresure, bekam, herbal dan lain-lain.

Namun ada satu hal yang sangat saya syukuri dari hasil tour kemarin yaitu munculnya komitmen dari seluruh alumni Athin Bekasi untuk bersama-sama membangun sebuah rumah sakit holistik yang lebih mudah dijangkau oleh rakyat tingkat bawah, dan hal itu akan kami mulai dengan kontribusi dana bulanan yang akan kami kumpulkan.

Sekian catatan kecil saya dari perjalalan tour wisata ke rumah sakit holistik Indonesia di Purwakarta kemarin, semoga bermanfaat dan untuk anak-anak Athin yang kebetulan membaca catatan ini tolong diramaikan stream coment-nya dengan menuliskan komentar antum/anti di ruang yang sudah tersedia di bawah.

mahasiswa athin bekasi

mahasiswa athin bekasi

mahasiswi athin bekasi

mahasiswi athin bekasi

5 Responses

  1. […] Tour Rumah Sakit Holistik […]

  2. saya ada acara kesana dari kampus saya bingung mau ikut

    • Apa yang anda bingungkan? kenapa bingung? tempat ini menarik lho…kita bisa mengetahui sinergi pengobatan barat dan timur di tempat ini.

  3. SEMOGA DI DIDIRIKAN LEBIH BANYAK RUMAH SAKIT YG KAYAK GINI DI KOTA KOTA BESAR.SEPERTI SBY,MALANG DAN SEKITARNYA.AAMIIN

    BACK TO NATURE INDONESIA KU

  4. Bagi keluarga pasien yg membutuhkan Penginapan / Guest House, kebetulan tidak jauh dari situ (sekitar 200 M) juga ada. Tinggal jalan kaki ke RSnya.. Harganya pun cukup terjangkau, 200 ribu / hari atau 700 ribuan / minggu. Bisa dicari lokasinya di Google Map : Pondok Asri Salammulya Purwakarta. Telp : 0818139476. Mudah2an bermanfaat bagi yg membutuhkan… Trims🙂

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: