Misykal, Sofware Untuk Memberi Harakat Kalimat Arab


misykalBahasa Arab memiliki kekhasan sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa yang lain salah satunya adalah dalam masalah harakat atau  tanda baca. Sering sekali saya mendapatkan teman-teman yang mengeluh dengan tugas kuliahnya yang mengharuskan dia bergumul dengan tulisan arab apalagi harus meng-harakatinya. Dan sekarang kehadiran Sofware Misykal ini bisa mengatasi masalah di atas. Misykal bisa dipergunakan untuk memberi harakat sebuah kalimat atau sebuah paragraf.

Software ini dibuat oleh bebereapa programmer dari Aljazair yaitu Thaha Zaruqi sebagai programmer utama dengan dibantu oleh Ashim Syalli, Shuhaib Afifi dan Basim Jarks. Nama yang pertama dan kedua itu saya sedikit kenal. Dikit aja.

Beberapa kegunaan dari Misykal bisa anda simak berikut ini

  1. Member harakat pada kalimat atau paragraf berbahasa Arab.
  2. Memberi harakat secara otomatis
  3. Mengkoreksi tulisan berharakat dalam Bahasa Arab
  4. Membantu untuk memberi harakat
  5. Bisa diperbesar atau diperkecil tampilan atau ukuran hurufnya.
  6. Tampilan lebih menarik dari versi sebelumnya

Untuk memberi gambaran hasil kerja Misykal saya mencoba membedakan tulisan berharakat dari kitab Adwaul Bayan juz 1 hal 5 dari Syamilah dengan hasil harakat dari Misykal

Gambar kitab Adwaul Bayan

syamilah-contoh asli untuk misykal

Proses Misykal ketika berkerja

proses tasykil

Dan ini hasilnya….

hasil tasykil

Dari hasil perbandinga antara Syamilah dan Misykal saya mendapati bahwa masih ada harakat yang kurang tepat dari Misykal. Nah…untuk memperbaikinya anda bisa blok kata apa saja kemudian klik kanan dan pilih option إقتراحات التشكيل. Contohnya seperti di bawah ini.

New Picture

Semoga review ini bermanfaat dan Insya Allah saya akan menulis software-software islami lainnya.

Anda bisa mencobanya dengan meng-klil link ini. Dan untuk mendownload klik link ini dari 4shared, link ini dari sourceforge untuk linux dan  windows.

*Ulasan lebih lengkapnya bisa anda baca juga di link blog teman saya berikut: http://fath-multimedia.blogspot.co.id/2014/04/mishkal-software-pemberi-harakatsyakal.html

10 Responses

  1. bismillah
    makasih kang atas informasi yg sangat bermanfaat ini.

    • Terima kasih kembali Ibnu Nani dan selamat datang di rumah sederhana kami.

  2. mantap gan… kalo ada software yang kaya semacem ini lagi tolong di share yh gan…. ane pin+bookmark dulu dah blog nya… kunjung balik yah gan kapan2…

    • Insya Allah…blog anda sudah saya kunjungi, bagus sekali dan bermanfaat, umat islam butuh pemuda-pemuda seperti anda yang berjihad di ranah teknologi informasi yang sampai saat ini masih banyak dikuasai oleh orang-orang kafir.

  3. […] membuat Alfanous dan Thaha Zaruqi yang membuat aplikasi bahasa Arab berbasis open source Quthrub, Misykal, Radif dan At-Tafqith yang bisa merubah angka bahasa Arab jadi kalimat, insya Allah akan segera […]

  4. terima kasih…………..

    • Terima kasih kembali.

      Mohon bantuannya menyebarkan info ini agar lebih bermanfaat untuk umat. Terlebih lagi software ini bukan bajakan atau open source artinya bisa dikembangkan oleh siapa saja yang punya keilmuan dalam bidang programming.

      Sungguh waktu saya menulis ulasan beberapa software islam seperti misykal, quthrub, radif, alfanous dan elkirtasse saya merasakan keikhlasan mereka membuat aplikasi-aplikasi ini.

  5. Terima kasih atas softwarenya…
    kunjungi ya blog aku di http://ajipedaganggolok.blogspot.com

  6. maaf blog ini saya maksud http://ajigolok.blogspot.com

    • Baik. Insya Allah kami kunjungi…

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: