Bahasa Arab memiliki kekhasan sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa yang lain salah satunya adalah dalam masalah harakat atau  tanda baca. Sering sekali saya mendapatkan teman-teman yang mengeluh dengan tugas kuliahnya yang mengharuskan dia bergumul dengan tulisan arab apalagi harus meng-harakatinya. Dan sekarang kehadiran Sofware Misykal ini bisa mengatasi masalah di atas. Misykal bisa dipergunakan untuk memberi harakat sebuah kalimat atau sebuah paragraf.

Software ini dibuat oleh bebereapa programmer dari Aljazair yaitu Thaha Zaruqi sebagai programmer utama dengan dibantu oleh Ashim Syalli, Shuhaib Afifi dan Basim Jarks. Nama yang pertama dan kedua itu saya sedikit kenal. Dikit aja.

Beberapa kegunaan dari Misykal bisa anda simak berikut ini

  1. Memberi harakat pada kalimat atau paragraf berbahasa Arab.
  2. Memberi harakat secara otomatis
  3. Mengkoreksi tulisan berharakat dalam Bahasa Arab
  4. Membantu untuk memberi harakat
  5. Bisa diperbesar atau diperkecil tampilan atau ukuran hurufnya.
  6. Tampilan lebih menarik dari versi sebelumnya

Informasi unduh file di tautan berikut;

Selesai mengunduh file, selanjutnya klik winrar untuk ekstraksi file dan install Misykal. Maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti ini.

Tampilan Awal Misykal

Tool di bagian atas pada baris pertama terlihat tanda-tanda harakat yang bisa Anda gunakan untuk menuliskan harakat sendiri. Misalkan saya menulis السلام عليكم dan memberi harakat dengan tombol harakat yang ada. Hasilnya seperti ini.

Kemudian saya coba menggunakan Tombol otomatis تشكيل dengan mencentang تشكيل أواخر الكلمات yaitu memberikan harakat di akhir kata dan hasilnya seperti berikut.

Terlihat di hurus س dan لا saya yang belum ada harakat.

Saya juga mencoba Misykal untuk membedakan tulisan berharakat dari kitab Adwaul Bayan juz 1 hal 5 dari Syamilah dengan hasil harakat dari Misykal

Gambar kitab Adwaul Bayan

syamilah-contoh asli untuk misykal

Proses Misykal ketika berkerja

proses tasykil

Dan ini hasilnya….

hasil tasykil

Dari hasil perbandinga antara Syamilah dan Misykal saya mendapati bahwa masih ada harakat yang kurang tepat dari Misykal. Nah…untuk memperbaikinya anda bisa blok kata apa saja kemudian klik kanan dan pilih option إقتراحات التشكيل. Contohnya seperti di bawah ini.

New Picture

Semoga review ini bermanfaat dan terima kasih.