Maktabah Syamilah Untuk Hp Android


syamilah 1Pada postingan sebelumnya saya pernah menulis tentang Maktabah Syamilah untuk Tablet Android dan kali ini saya lengkapi dengan review Maktabah Syamilah untuk Hp Android, memangnya apa sih perbedaan Hp Andorid dan dan Tablet Android itu? kalau dari fitur hampir sama karena sama-sama beroperasi sistem Android, hanya saja Hp lebih nyaman untuk berkomunikasi lewat telphon dan sms sedang Tablet lebih pas untuk multimedia dan browsing internet karena layarnya yang lebih besar dari Hp.

Menurut saya Maktabah Syamilah yang dari Smarter Soft lebih pas untuk Tablet Android karena tampilannya yang lebih mirip dengan Maktabah Syamilah di desktop sedangkan Maktabah Syamilah dari nyitgroup Yaman lebih cocok untuk Hp Android yang layarnya tidak lebar dan software ini bisa menyesuaikan dengan layar yang sempit.

Alhamdulillah, saya sendiri telah mecoba dan menggunakan Maktabah Syamilah yang dari nitygroup di Hp Android saya dan berikut ini beberapa pengalaman saya ketika menggunakannya:

  1. Syamilah bisa membaca bahasa Arab, jika ada gangguan di huruf arabnya yang terpisah-pisah, anda bisa mengaturnya dengan settingan berikut; buka الخيارات – centang Arabic Ready.
  2. Kitab atau judul yang sering kita baca bisa dilihat di option المفضلة
  3. Pada icon الذاكرة anda bisa mengatur dimana anda mau menyimpan kitab-kitab download-an anda, apakah di memori internal atau eksternal
  4. Anda bisa memilih kitab yang ingin anda download dari option تنزيل الكتب، hasil download-an kitabnya bisa anda buka di option كتبي
  5. Anda bisa mencari kitab berdasarkan nama kitabnya atau penulisnya.

Semoga Allah swt membalas segala usaha dan jerih payah para pengembang software ini dengan balasan yang setimpal ketika di dunia dan di akhirat kelak.

Update 4/2/2013

Ada beberapa tambahan baru dari update syamilah, berikut ulasan saya.

  1. Background tulisan yang berwarna coklat ranum.
  2. Ada tambahan untuk membesarkan atau mengecilkan tulisan
  3. Daftar kitabnya sudah ada nomor tentang jumlah kitab yang ada, misalnya kategori Aqidah ada 505 kitab

 Video

24 Responses

  1. Saya pakai Lenovo A60+, saban kali membuka laman berbahasa Arab, font menjadi tidak beraturan dan tidak bersambung, terpatahpatah dalam masingmasing aksara dan membacanya dari kiri ke kanan.

    Tapi jika menggunakan Opera mini, jadi normal kembali.

    Kirakira bagaimana memperbaikinya ya?

    • Pertama saya ingin menjawab pertanyaan tentang bagaimana memasukkan font arab ke dalam os android, sebagai tambahan sekiranya ada orang lain yang belum mengetahui. Download smart keyboard pro: Setting >> Language and keyboard >> Smart keyboard pro Settings >> Language >> Language Selection key >> Ceklist bahasa yang mau antum tambahkan.

      Dengan aplikasi itu kita bisa meggunakan bahasa Arab seperti untuk menulis bahasa Arab lewat SMS yang kita tulis. Hanya saja tidak bisa ke sistem, seperti aplikasi syamilah di android saya ketika di desktopnya tulisan maktabah syamilahnya tidak bersambung tetapi waktu buka programnya bisa membaca dan fontnya sudah beraturan dengan cara pengaturan seperti yang di atas.

      cara lain yang pernah saya dapat adalah dengan merubah local setting android, dimana android yang di indonesia masih mengikuti lokal asia, maka di rubah ke local system arab, caranya kalau di samsung dengan cara mendownload file-nya dari situs samsung. Namun apakah hal ini bisa me-root android atau tidak saya belum tahu.

      Untuk opera mini yang antum pakai mungkin versi 6.5 atau 7 yang memang sudah support asean language dan bahasa arab.

  2. apa itu martabah syamilah dan apa hubungannya dengan hp androit gan?
    makasih

    • Maktabah Syamilah itu software untuk membaca kitab-kitab kuning atau bahasa Arab yang gratis dan bisa diaplikasikan di komputer atau laptop. Dikembangkan oleh para pengembang dari Mesir. link web resminya bisa anda kunjungi disini http://shamela.ws/

      Software ini sangat favorit di kalangan santri, kyai dan ustadz karena kemudahan aksesnya, free, bisa diupdate dan jumlah bukunya yang ribuan.

      Dan sekarang software ini sudah ada di beberapa platform, bukan cuma di desktop atau laptop, di linux, mac, iPad dan Android juga sudah ada.

      Syamilah yang ada di Android itu lebih memudahkan pembaca untuk mengakses kitab-kitab di syamilah dimana saja dan kapan saja.

  3. Mantap gan…
    tapi saya tidak mengerti bahasa arab, ada translate bahasa indonesianya gak gan ?
    jazakallahu.

    • maaf program ini memang dibuat oleh perancang dari arab untuk konsumsi orang arab atau yang bisa faham bahasa arab, jik anda belum bisa membaca atau memahami bahasa Arab, bisa jadi inilah langkah anda sekarang untuk mempelajari bahasa Arab agar nanti anda bisa membaca buku atau kitab-kitab Arab yang sangat banyak sekali.

      Dan merupakan suatu kenikmatan tersendiri ketika kita bisa memahami bahasa Arab, terkadang dengan membaca teks Arab langsung kita lebih memahami esensi sebuah tulisan daripada sekekdar membaca terjemahan.

      Tak lupa saya sampaikan banyak terima kasih atas kunjungan anda di blog sederhana saya.

  4. saya lebih suka yang dari nytigroup, pengalaman pribadi saja sih..soale terasa lebih cepat untuk meloading suatu kitab..itu sj.font kayaknya untuk android terasa lebih kaku dibanding windows. lebih enjoy donwload ebookdroid untuk baca file pdf dan djavu, kan sudah bnyak yg di-pdf-kan, lebih kayak baca buku diperpustakaan. enjoy banget

    • Thayib. Terima kasih atas komentarnya di blog sederhana saya, semoga artikel di atas bermanfaat.:)

    • Terima kasih dengan komentarnya. Saya sudah mendownload ebookdroid app dan subhanallah tampilannya menarik tiap file ditampilkan dalam bentuk thumbnail-thumbnail kecil mirip seperti tampilan thawab yaitu aplikasi under linux untuk membaca Syamilah juga.

  5. kalau tablet android lokalan ada ngga yg bisa buat nulis arab atau baca2 maktabah syamilah,makasih.

    • Di tablet android lokalan juga bisa mas, yang penting bisa buka google play lalu anda telusuri software tersebut dan pasang di gadget anda.

  6. mas…saya sudah downloud aplikasi maktabah syamilah untuk hp android. tapi
    untuk downloud faile kitab2 nya blum berhasil…gagal terus… mohon pencerahan nya mas… apa memang harus wifi?
    trimakasih sebelumnya..

    • Untuk mendownload kitab di Syamilah masuk aja ke Tanzilul Kutub pilih kategori kitab yang mau di download misalnya Aqidah kemudian centang kitab dan klik tanda panah ke bawah di sebelah kiri untuk mendownload. Saya barusan mendowload kitab Imam Ahmad dan sangat cepat hanya 15 detik saja. Untuk melihat hasil download kitab buka di kutubi.

      Apakah mesti wifi? Saya lebih sering menggunakan paket data dan berhasil terus.

      Mungkin antum cari-cari pengaturan koneksi hp antum, coba sendiri sepertinya lebih baik.

      Silahkan kembali jika ada yang belum jelas. Terima kasih.

      • saya sdh coba petunjuk di atas tapi gak bisa jg. apa memang situs nya sedang bermasalah?

      • Bisa jadi di site atau aplikasinya. Ana juga sudah bertanya ke teman-teman yang menginstall program ini mereka tak tahu kenapa.

        Insya Allah kalau ada info terkait ini, ana share di laman komentar ini, begitu juga antum ya..

  7. Masuk ke google play, cari software ini dengan keyword syamilah. Jika sudah ketemu silahkan download aplikasi di android anda.

    Untuk mendownload kitab silahkan lihat caranya di atas.

  8. assalamualaikum akhi
    saya mau tanya, gimana cara memperbaiki tulisan kitab yang tersalah, disitu ada tulisan nya “تحرير” tapi saya gak tau cara untuk menyimpan nya, tolong masukan nya
    wassalam

    • Untuk di maktabah syamilah belum ada fasilitas membenarkan tulisan kitab yang salah karena biasanya kitab-kitab yang tersaji itu dari rujukan kitab-kitab terdahulu yang sudah mendapat tahqiq (penelitian) sebelumnya. Fasilitas ini baru ada di sofware Jinaan University atau Jami’ah Jinaan seperti syamilah juga. Insya Allah akan saya posting beberapa hari ke depan, silahkan menyimaknya.

      Untuk fasilitas Tahrir itu cuma ada di syamilah untk desktop kalo di android seperti yang di artikel ini belum ada, fasilitas ini untuk mencetak atau memisahkan satu file syamilah dari maktabah syamilah. Tinggal anda pilih fasilitas tahrir dan anda pilih option disitu untuk menyimpan dimana anda letakkan file kitab syamilah itu. Sementara itu yang dapat saya jelaskan, silahkan bertanya kembali sekiranya belum ada kejelasan. Terima kasih.

  9. Super sekali . jazakumulloh khoiron katsiirr

    • Afwan

  10. Bismillah,Akh,tablet seri dan merk apa yang bisa : nyimpan tulisan word dan pdf Arabic dari laptop,ngetik font Arab,ngedit tulisan yang tersimpan dan browsing internet pakai paket data sim cdma?
    Untuk bisa menyimpan tulisan2 word dan pdf Arabic minimal memory cardnya harus berapa giga? 4 giga cukup lapang gak?
    Apa kalau kita beli tablet tersebut dari toko sudah terpasang aplikasi software unt fungsi-fungsi nyimpan tulisan word dan pdf dari laptop dll di atas? atau kita harus download sendiri? atau ada penyedia jasa install unt fungsi-fungsi di atas?

  11. tolong kirim linknya klo buat hp lenovo a390i

    • Semua bisa selama di android anda ada playstore lalu cari dan unduh syamilah

      • Assalam… Mas aq bingung mas… Aq udh donlod kitab, n stlah sy bk kitab nya kok gk bsa mincul fon arab…

        N aq cb fersi terbrunya… Stlah maudonlod kitab… Sllu di akhiri pa yetimmu…. N bgt strusnya…
        Aq pk hp pnovo

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: