Mengatur Tampilan Gallery dan Slideshow di WordPress.com


slideshowSungguh saya sangat senang sekali memiliki blog di wordpress.com, kesederhanaan yang diusung WordPress membuat saya lebih fokus pada konten yang saya tulis, juga tidak rumit dan repot kalau ada security hole karena CMS ini dikembangkan oleh banyak orang di seluruh dunia. Salah satu yang saya suka dari WordPress adalah kecepatan mereka dalam merespon laporan. Jika ditermukan lubang keamanan (security hole) dalam script WordPress, maka dengan cepat mereka akan melakukan update terbaru dan merilis script terbaru mereka.

Sangat luar biasa dan menakjubkan. WordPress juga telah diuji oleh ribuan orang dari berbagai penjuru dunia. Para hacker-hacker besar pun juga ikut menguji tingkat keamanan script ini. Dan seperti saya sebutkan di atas, tiap ketemu satu lubang (hole), WordPress segera menambalnya hingga menjadi sangat sempurna.

Sudah beberapa kali upload artikel saya menemukan ada yang baru dari wordpress.com, khususnya di bagian Media Manager, selain tampilan uploading media yang baru, fitur slideshows dan galleri-nya pun diperbaharui, nggak kalah saing dengan blog profesional sekalipun.

Dan di postingan ini saya bahas sedikit fitur-fitur baru yang ada di gallery dan slideshow, semoga bermanfaat.

Media Manager
Tampilan Media Manager sudah diperbarui, anda bisa memasukkan gambar dari New Post lalu klik tombol Add Media. Pilih gambar yang mau di upload bisa dari URL atau pilih dari data komputer anda.

Setelah di upload, anda bisa mengedit atribut gambar sesuka anda seperti title, caption atau tampilan gambar.Setelah fix semua, gambar bisa anda upload dengan mengklik tombol warna biru ‘insert into post‘.

Gambar-gambar yang sudah di upload, akan tersimpan di folder yang sudah anda tentukan pada setting uploads. Jika anda pernah mengupload gambar dan ingin menampilkannya lagi di artikel yang lain, maka anda tidak perlu mengupload ulang. Tapi cukup membuka Media Library dan pilih gambar yang ingin anda masukkan.

Jika anda terlanjur memasukkan gambar ke dalam artikel dan ingin melakukan perubahan, maka anda cukup mengklik gambarnya dan klik icon Edit Image.

 Mengatur Gallery

Galeri gambar (image gallery) yang ada di WordPress.com cocok sekali buat sarana berbagi foto di antara keluarga, teman atau follower. Gambar yang ada dalam galeri bisa ditampilakn dengan rapi dengan bermacam gaya dan pembaca bisa mengklik satu gambar yang akan tampil penuh layar dan bisa digeser ke kiri dan ke kanan sesuai jumlah gambarnya yang disebut Carousel View oleh WordPress.

Di slidsehow, gambar akan berganti secara otomatis setelah beberapa detik.

Settingan Gallery
WordPress memberikan tiga macam layout yaitu recatangular, square dan circular dan untuk mengaktifkan ketiga fitur ini anda harus masuk bagian SettingMedia yang ada di laman Dashboard anda, tarik ke bawah sampai di bagian Image Gallery Carousel centang Display all your gallery pictures in a cool mosaic.

image-gallery-carousel

Dan perlu menjadi perhatian bahwa dengan mencentang pilihan di atas, maka pilihan tersebut akan berlaku untuk semua galleri blog anda, namun jika anda tidak ingin hal itu terjadi, anda bisa mengaturnya sendiri (gallery individually) yang style ini berfungsi jika option …cool mosaic tidak dicentang, anda perlu beralih dari mode WYSIWG (What You See Is What You Get) ke HTML mode. Klik tab HTML di editor WordPress dan masukkan kode berikut:

type=”rectangular”
type=”square”
type=”circle”

yang dibuka dengan tanda kurung

, titik-titik diisi kode di atas.

Contoh Macam-macam Gallery Style

Galery Setting: Default

Galery Setting: Tiles

Galery Setting: Square Tiles

Gallery Setting: Circles

Gallery Setting: Slideshow

This slideshow requires JavaScript.

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: