shareeEkonomi syariah sedang mengalami perkembangan yang pesat baik di dunia dan khususnya di negeri kita Indonesia, banyak negara-negara yang mulai beralih dari ekonomi konvensional ke ekonomi syariah, hal ini sebagai antiklimaks atas kegagalan ekonomi konvensional menghadang badai dan terpaan krisis ekonomi, sistem yang dibanggakan masyarakat dunia ini ternyata belum kebal terhadap virus krisis ekonomi yang selama ini kita rasakan. Dari kelemahan yang terdapat dalam ekonomi konvensional itulah, sekarang masyarakat dunia mulai terpikat hatinya untuk mengkaji ekonomi syariah lebih dalam dan berharap ekonomi syariah bisa menjadi tonggak penahan krisis yang selama ini menghantui masyarakat dunia.

Perkembangan ekonomi syariah dan teknologi dunia yang sangat pesat hari ini, menuntut adanya inovasi baru yang dapat mengedukasi masyarakat tentang ekonomi syariah dengan lebih efektif dan efisien di tengah kecanggihan teknologi saat ini.

Pada artikel ini, saya ingin mencoba mengangkat inovasi baru yang bisa mendukung perkembangan ekonomi syariah di indonesia, dan mensinergikan antara dua bidang yaitu teknologi dan ekonomi syariah. Inovasi tersebut bernama sharee, aplikasi berbasis android yang ini diberi tagline “ekonomi syariah dalam genggaman”.

Software ini dibuat oleh tiga orang mahasiswa perbankan syariah; Luthfi Hariz, Ridha Danjanny dan Asep Saefullah. Rencana awalnya mereka ingin membuat kamus ekonomi syariah yang tujuannya untuk mengedukasi masayarakat mengenai ekonomi syariah, sebagaimana diketahui dalam istilah-istilah ekonomi syariah itu banyak istilah-istilah seperti mudharabah, musyarakah dan lainnya yang belum banyak dikenal masyarakat utamanya masyarakat yang ingin berhijrah dari perbankan konvensional ke perbankan syariah.

Namun hanya sebatas kamus saja tidak cukup untuk mengedukasi masyarakat, akhirnya mereka bersepakat untuk membuat aplikasi android yang tidak hanya mengedukasi tetapi juga mensosialiasikan ekonomi syariah untuk masyarakat umum, pelajar dan praktisi ekonomi syariah.

Akhirnya pada tanggal 19 oktober lalu software ini bisa di launching dan bisa diunduh di play store. Sampai saat ini ada tiga fitur utama yang dimiliki Sharee.

  1. Kamus Ekonomi Syariah. Untuk menemukan arti istilah-istilah dalam ekonomi syariah, seperti akad, mudharabah, murabahah, dll. Bersumber dari Kamus Securel Ekonomi Syariah PKES.
  2. Update Berita Ekonomi Syariah. Update berita terbaru mengenai ekonomi syariah (perbankan syariah, keuangan syariah, dll). Sumber berita dari http://ib.eramuslim.com
  3. Sharee Blog (http://shareeducation.wordpress.com), sebagai media pembelajaran ekonomi syariah. Berisi artikel – artikel mengenai teori maupun hasil penelitian yang ditulis oleh mahasiswa, dosen maupun praktisi ekonomi syariah.

 

Dan beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan tawaran dari salah satu editor dari media online di Jogjakarta yang bernama fimadani.com, media islam yang selalu menyediakan artikel dan berita-berita keislaman dengan kemasan bahasa yang baik dan santun serta enak dibaca. Dan saya diminta untuk mengisi materi Ekonomi Syariah dan alhamdulillah saya terima tawaran itu. Dan salah satu media yang paling sering saya gunakan untuk meng-update berita-berita ekonomi syariah ini adalah software sharee yang telah saya kupas sedikit di postingan ini.

Terima kasih kepada seluruh tim developer sharee dan semua orang yang terlibat, jasa anda sekalian sangat berarti untuk memasyarakatkan ekonomi syariah di bumi Indonesia ini.