Maktabah Syamilah Versi Online


syamilah versi 3.48Salah satu hal yang terkadang saya lakukan waktu membuka internet untuk sekedar browsing atau mencari bahan tulisan untuk blog, saya kunjungi web atau blog software-software islam seperti syamilah, elkirtasse, quthrub atau open source yang lain. Dengan mengikuti setiap perkembangan software tersebut saya selalu menemukan hal yang baru untuk ditulis di blog saya.

Nah…salah satu web yang baru-baru ini saya kunjungi adalah webnya syamilah, ada sesuatu yang baru dari web ini selain upgrade syamilah 3.48 yaitu hadirnya maktabah syamilah online, artinya kita bisa membaca kitab-kitab yang tersedia dalam Maktabah Syamilah tanpa harus men-download-nya terlebih dahulu. Pencarian bab atau sub bab, berpindah ke halaman tertentu atau juz tertentu sudah tersedia. Versi ini juga kompatibel dengan web browser aplication yang sudah kita kenal seperti Mozilla, Chrome, Opera atau Explorer, namun belum begitu sempurna dalam browser smartphone atau tablet.

Kehadiran versi online ini sekaligus menjadi kabar gembira bagi para pengguna OS Linux  yang sudah bingung nyari kesana-kesini tutorial menginstal maktabah syamilah di linux  tapi tak kunjung ketemu, karena yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet meskipun agak lemot…

Dan berikut ini screenshot saya ketika mencoba syamilah online dan membaca kitab Ushulus Sunnah li Imam Ahlis Sunnah Ahmad bin Hanbal rahimahullah. Pertama saya mencari daftar kitab yang ingin saya baca di Qaimatul Aqsam wal Kutub atau daftar kategori dan nama kitab, tampilannya seperti di bawah ini.

syameela online1

syameela online2

ini tampilan dari kitab tersebut.

New Picture (4)

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah informasi tentang perkembangan teknologi islam…

2 Responses

  1. NAMA WEBNYA APA?

    • Kunjungi web resmi syamilah di http://www.shamela.ws lalu di laman utama anda cari di list artikel dari syamilah tentang maktabah online kalau tidak salah ada di nomer paling bawah.

      Jika sudah ketemu silahkan komentar ulang di laman ini atau sekiranya masih ada pertanyaan lain, saya siap membantu.

      update:
      jinaan.com juga membuat syamilah versi online, sampai sekarang masih dalam tahap pengembangan.

      Silahkan kunjungi alamat berikut untuk mencoba. maktaba.jinaan.com/

Kirim Komentar Anda

