Rilis Versi Baru 1.0 Software Quthrub


Alhamdulillah akhirnya software Qutrub yang dibuat oleh programmer Aljazair merilis versi pertamanya. Di versi barunya ini ditambahkan perbaikan untuk beberapa kesalahan dan kekurangan yang ada dalam Quthrub 0.5 versi sebelumnya, penggunaan program phython dan juga ada terjemah kata dalam bahasa Malaysia dan Jepang. Terjemah ke bahasa melayu oleh Yasin Alwi dan terjemah ke bahasa Jepang oleh Karim Urais dan Ihab Ubaid.

Quthrub adalah software atau aplikasi untuk melakukan tashrif bahasa Arab secara mudah dan simple, hasil kerja dan usaha sekelompok kecil yang menghadirkan hasil yang besar. Nama Quthrub dipilih karena dia adalah salah satu ulama pendahulu dalam ilmu bahasa, nahwu dan sastra, selain itu namanya juga mudah disebut dan mudah diingat, saya yakin nama ini sangat cocok dan tepat.

Di review saya sebelumnya tentang Quthrub 0.5 sebenarnya salah satu programmer Quthrub, Thaha Zaruqi (linuxscout) mengajak saya untuk ikut andil menerjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata dia program ini sangat cocok untuk native language dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Dan sampai sekarang ajakan dia belum bisa saya penuhi karena beberapa keterbatasan saya, mungkin ada rekan-rekan programmer atau mahasiswa Islam dan Arab seperti LIPIA atau universitas Islam lainnya yang mau ikut andil??

 

Sangat menarik jika kita mencermati perkembangan FOSS (Free Open Source Software), banyak pengembang yang rela mengorbankan kemampuan dan harta mereka untuk membuat suatu software meskipun mereka tak mendapatkan keuntungan finansial secara lansung dari aktifitas ini.

Ada beberapa motifasi penggerak para pengembang FOSS untuk ikut andil dalam pengembangan open source seperti: merasa senang ketika bisa ikut andil dalam suatu pekerjaan, untuk berkontribusi di komunitas atau forum yang mereka ikuti, sebagai ajang untuk memecahkan masalah coding atau sharing coding seperti GPL yang memungkinkan orang lain untuk melihat source code atau memodifikasinya, sebagai karir dan juga untuk mengembangkan kemampuan programming.

Link Download:

Software Quthrub 1.0: https://sourceforge.net/projects/qutrub/

Maktabah Quthrub: http://pypi.python.org/pypi/LibQutrub/1.0

3 Responses

  1. […] yang membuat Alfanous dan Thaha Zaruqi yang membuat aplikasi bahasa Arab berbasis open source Quthrub, Misykal, Radif dan At-Tafqith yang bisa merubah angka bahasa Arab jadi kalimat, insya Allah akan […]

  2. Assalamualaikum… saya sudah download aplikasi qutrub tp saya tidak bisa bukanya. Bagaimana caranya ? Mohon bantuannya dan sent email ke idebadria77@gmail.com.

    • Baik, terima kasih atas komentarnya.

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: