Waktu saya menulis artikel tentang film Nabi Yusuf dan Khalid bin Walid saya sertakan foto-foto hasil capturing, namun ada rasa kurang cocok dengan galeri foto yang seperti biasa, foto-fotonya diurut dari atas ke bawah yang bikin artikel makin panjang. Mau nyari plug-in takut gak ada apalagi wordpress saya gratisan dan gak punya hosting, gak bisa masang plug-in-plug-in.

Tapi akhirnya kegalauan saya terobati ketika sedang blog walking ke blog teman dan mendapatkan cara membuat galery pada postingan di blog.

Langkah-langkahnya seperti ini:

1. siapkan halaman add new post atau add new page. Klik icon add media, lalu tambahkan gambar sesuka hati anda .

2. Setelah selesai upload pilih tab gallery, scroll ke bawah sampai di Gallery Settings, nah…disini kita akan mengatur galeri yang akan kita pasang di page atau di post. Pada link thumbnails to berguna untuk mengatur gambar thumbnail, Order images by Order untuk menentukan urutan galeri, sedangkan galery collumn untuk mengatur berapa kolum galery.

setelah diatur,klik insert galery untuk membuat galery foto, atau insert slideshow untuk membuat gambar beralih. Selamat mencoba trik sederhana ini, semoga bermanfaat.

Selain fitur Galeri dan Slude Show, di wordpress terdapat fitur canggih lainnya yaitu fitur untuk menyisipkan file presentasi di blog. Untuk dapat menyisipkan file presentasi ke dalam blog, sebelumnya kita harus meletakkan file presentasi kita ditempat penyimpanan online, misalnya slideshare. Kalau temen-temen belum punya account di slideshare, silakan daftar terlebih dahulu. Cara daftarnya simple, tinggal klik sign up, lalu isi form sesuai data diri…

Setelah sukses mendaftar, upload filenya lalu cari code embeded-nya lalu masuk ke Dashboard-Add New Post-Pilih Mode Html-dan paste-kan code embeded dari file yang sudah kita upload tadi.

Berikut ini Slideshow dan Galeri yang saya buat dari gambar-gambar film Yusuf dan Khalid bin Walid.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Galeri Foto Film Yusuf As-Shiddiq dan Khalid bin Walid