Bahaya Onani Atau Masturbasi Dan Cara Menghindarinya


Dari pembahasan sebelumnya tentang hukum onani atau masturbasi kita telah menyimpulkan bahwa hukumnya haram dalam Islam dan telah menyalahi fitrah manusia karena Allah swt telah memberikan jalan yang benar lewat  jalur pernikahan yang sah. Dan lagi perbuatan ini tidak pernah dilakukan oleh hewan sekalipun. Dalam bahasa Arab, istilah masturbasi dikenal dengan nama A’adah Assariyyah atau kebiasaan yang tersembunyi; disebut demikian karena mayoritas pelakunya melakukan ‘aksinya’ secara sembunyi-sembunyi tanpa diketahui orang lain, seperti di kamar mandi atau di kamar tidur dan tempat lainnya yang  menurut persangkaannya tidak dilihat oleh manusia.

Lalu dimanakah Allah swt? Bukankah Dia Maha Melihat segala perbuatan hamba? Mari kita tanya pada mereka, siapakah yang pantas di takuti dan merasa malu Allah atau manusia?? Allah swt telah berfirman ketika menceritakan nasehat Luqman kepada anaknya: “(Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.” (QS. Luqman: 16)

 

Mari kita perhatikan bagaimana indahnya nasehat Luqman kepada anaknya itu; dia jelaskan luasnya ilmu Allah swt yang meliputi segala sesuatu. Dia mengetahui amalan yang besar atau yang kecil, yang samar atau yang jelas. Luqman juga menjelaskan bahwa tidak ada sesuatupun yang akan tersembunyi dari penglihatan Allah swt baik di bumi ataupun di langit. Seandainya ada kerikil kecil seberat atom di bentangan padang sahara, di ujung petala langit atau di pojok penjuru bumi. Allah swt mampu mendatangkan semuanya…Allahu Akbar, sungguh Allah Maha Besar !!!!!.

Lalu bagaimana dengan kebiasaan tersembunyi ini?? Bagaimana seorang muslim melakukannya sementara ia yakin dan mengetahui bahwa Allah swt melihat dan memperhatikan semua gerak-geriknya?!!

Oleh karena itu, sebab utama banyak  orang melakukan masturbasi hanya satu, tidak ada yang lain, yaitu karena LEMAHNYA IMAN, jika iman lemah maka syahwat dan nafsu akan bergejolak. Ia tidak akan melakukannya kecuali karena kadar khauf dan khasyah-nya kepada Allah swt rendah. Sungguh aneh keadaan mereka, Apakah kita tidak pernah merasa dengan teguran dari Allah swt, kenapa kita enggan menjawab seruan-Nya, berserah diri kepada-Nya, kenapa kita berani bermaksiat di hadapan Allah Al-Karim?? Allah swt telah berfirman: “Mengapakah kamu takut kepada mereka padahal Allah-lah yang berhak untuk kamu takuti, jika kamu benar-benar orang yang beriman.” (QS. At-Taubah: 13)

Dan firman-Nya “Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi? Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia berada bersama mereka di manapun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitahukan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Mujadalah: 7)

 

Di antara sebab-sebab lemahnya iman adalah:

1.       Jauh Dari Pendidikan Agama.

Seperti dengan meremahkan shalat, padahal shalat adalah benteng dari maksiat dan kemungkaran. Allah swt berfirman:

((فخلف من بعدهم خلف أضاعوا الصلاة واتبعوا الشهوات))

Ahli tafsir mengatakan bahwa maksud meremahken shalat adalah dengan mengakhirkan shalat dari waktunya, lalu bagaimana pendapat anda dengan orang yang meninggalkan shalat semuanya?? Dan yang lainnya seperti kelalaian dari mengingat Allah, terlalu sibuk dengan dunia, menjauhi Al-Quran dan merasa berat untuk menuntut ilmu.

2.       Ikut Jalan Syetan

Allah swt berfirman: “Dan janganlah engkau mengikuti jalan-jalan syaithan“. Syaithan selalu punya makar-maka agar manusia melenceng dari kebenaran dan menuruti hawa nafsu mereka. Di antara bentuk langkah syaithan adalah dengan menghiasi hal-hal haram dengan keindahan seperti cuci mata di pasar-pasar dan mall-mall, menonton film-film porno (blue film) dan membaca majalah-majalah yang menjejar sembarang aurat.

3.       Berteman dengan teman yang buruk akhlaqnya

Teman yang buruk biasanya selalu membawa keburukan juga seperti berbagi gambar-gambar jorok, film porno dan lagu-lagu jahiliyah yang membuat jiwa semakin jauh dari kebaikan.

4.       Menuruti hawa nafsu

Nafsu manusia itu suka dengan kelalaian dan kemalasan menjauhi ijtihad dan sungguh-sungguh, menyeru kepada yang jelek dan mencegah dari kebaikan –kecuali yang dirahmati Allah- sebagaimana firman Allah swt “Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang.” (QS. Yusuf: 53) hendaknya dia terus berusaha melawan hawa nafsunya karena itu termasuk perkara yang dicintai Allah swt, Umar bin Abdul Aziz berkata: “Amalah yang dicintai Allah adalah amalan yang dibenci oleh nafsu”.

Selanjutnya kita akan membahas tentang bahaya-bahaya masturbasi atau onani dari sisi pribadi, tubuh dan kehidupan sosial, namun perlu saya berikan catatan bahwa keharaman masturbasi itu tidak ada kaitannya dengan ada atau tidaknya bahaya masturbasi ke tubuh, tetapi karena adanya dalil-dalil syariat yang mengharamkannya. Dan dharar atau bahaya disini hanya sebagai salah satu dalil keharaman saja bukan menjadi dalil pokok. Tidak lantas karena dokter mengatakan kalau masturbasi itu tidak berbahaya lalu menghilangkan hukum keharamannya. Dan ini banyak saya dapatkan di berita media terutama internet lewat blog yang memosting temuan-temuan dokter bahwa onani itu tidak berbahaya bahkan menyehatkan.

70 Responses

  1. terima kasih atas sarannya dan postingannya

    • sama-sama semoga yang sedikit ini bermanfaat

  2. bicara memang mudah karna terus terang saya sering melakukan onani…karna bagi saya onani itu nikmat…tetapi kalau di pikir secara dewasa…sudah berapa banyak dosa yg saya bikin ini….aduh memang susah menghilangkanya!

    • semoga bahasan dan tips menghindari Onani dan Masturbasi di atas semakin memantapkan hati untuk meninggalkan perbuatan buruk tersebut.

      Bagi saya sendiri, dengan menulis tentang Onani tertantang jiwa dan nafsu saya untuk melawan setiap gejolak nafsu yamg kadanag membludak.

      Awalnya terasa susah, namun dengan tekad dan rasa takut pada Allah. bisa teratasi.

  3. hi yang membuat terima kasih ya dan saya mau Bertany sama anda :
    kakak saya sering menonton situs porno karena saya melihat di riwayatnya saya ingin memberi tau ke bapak saya atu memberitau dia tpi saya takt gmna ya cara mengatasinya… plis jawab ya Ke yahoo saya destarasyanandii@yahoo.com

    • wah…butuh sedikit ilmu psikologi nih…meski gak ahli akan saya coba dan mengirim ke alamat Destara.

  4. SATU LAGI GMN CARA TAUBATNYA YA TOLONG BLESSS SECEPATNYA

  5. om jangan ke alamat ya ke yahoo saja saya masih ank2 umur 11 smp kelas 1

  6. Kalo bisa om kirimnya disini aja om

    • Om satu lagi Punya fb atau yahho tolong bles scepatnya yaa

      • ada, bisa dicari di ahmadbinhanbal@yahoo.com

      • bisa adek Destara lihat di profil kakak…

  7. Trimakasih bnget atas posting singkat yg sangat brmakna ini,..
    Ak Rmaja brusia 18 Tahun Mas,.. Ak sering skali mlakukan Onani,.. Entah knpa saya slalu trdorong utk melalukannya wlaupun saya udh brkata tidak,… Saya nggak tau spa yg bisa mnolong sya,.. Mmbrikan saya nasihat dan mmberikan support agar nggak ngelakuin itu lgi,.. Kalau Mas bisa,… Tolong bantu saya mnyelesaikan smua ini,.. Agar saya bebas dri prbuatan yg sbenarnya tidak saya sukai ini,….. Kalau mas punya kiat2 nya,… Tolong kirimkan ke Email saya : dhanarthur4@gmail.com ….
    Sya sngat brterima kasih bila ad org yg brsedia mmbntu saya kluar dri Smua ini krna sya udh sngat lelah Mas… Saya brkali2 mngatakan Taubat,… Juga brkali2 mengulangi prbuatan itu,…

    Trimakasih sbelumnya mas,… Sya sngat mmerlukan bantuan,…..

  8. Dengan umur Arthur yang masih sangat muda seperti sekarang, mestinya digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, untuk diri atau orang lain. Adapun nasehat yang bisa saya sampaikan dan sifatnya umum sebagai berikut:

    1. Remaja berusia muda seperti anda seharusnya dapat mengekang keinginan beronani, mungkin aktifitas anda di sekolah atau luar sekolah masih sedikit sehingga terus timbul keinginan untuk melakukan onani. Maka perbanyaklah kegiatan di sekolah seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olah raga atau kegiatan rohis di sekolah, di luar sekolah juga anda cari tempat atau kegiatan yang menjadi minat anda selama ini, dalami minat itu sampai anda menjadi ahli dan dengan sendirinya keinginan onani itu akan hilang.

    2. Sering melakukan onani bisa mengurangi kecerdasan dan kemampuan analisis seseorang, hal ini sebagaimana dinasehatkan Syaikh Shalih Al-Utsaimin dalam fatwanya. Maka tinggalkanlah sejauh-jauhnya.

    3. Point ini sangat penting dan telah saya sebutkan di artikel bahwa penyebab utama seseorang melakukan onani adalah LEMAHNYA IMAN, bagaimana imannya tidak lemah, ia yakin dan mengimani bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu tetapi ia bermaksiat kepada Allah, dalam bahasa Arab masturbasi diistilahkan dengan Aadah Assariyyah atau kebiasaan tersembunyi boleh jadi ia rajin shalat dan ibadah lainnya tetapi ternyata ia menyembunyikan sebuah maksiat yang hanya diketahui oleh dia dan Allah saja.

    Dan saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Arthur yang berani mengakui kesalahan dan punya keinginan untuk bertaubat, ketahuilah di luar sana banyak lelaki dan remaja seperti anda tapi hanya anda yang mau mengakui dan bertaubat. Maka hendaknya anda pertebal iman dengan selalu mendekat kepada Allah, meyakini bahwa Allah melihat segala gerak dan gerik manusia yang nantinya akan dicatatkan di buku amalan kita, yang bahagia mendapat surga dan yang sengsara mendapat ganjaran yang sesuai.

    4. Ini jika anda suka surfing di internet. Sebelum membuka internet tetapkan hati dan pikiran untuk membuka apa, tugas sekolah, berita islam atau ilmu komputer, hal ini penting agar syaithan tidak menghasut kita untuk membuka link-link panas. hindari menulis di search engini atau google kata-kata seperti: SEX, PORN, PORNO, HOT WOMAN, SEXIEST WOMAN DLL kata-kata inilah jurang menuju kehancuran.

    kata SEX dalam waktu 0,25 detik 3,290,000,000 results
    kata PORN dalam waktu 0,21 detik 1,690,000,000 results
    bandingkan dengan
    kata ISLAM dalam waktu 0,28 detik 589,000,000 results (google search)
    ini menunjukkan bahwa internet masih menjadi sumber terdahsyat hawa nafsu manusia dan masih sedikit sekali dan hanya beberapa persen saja yang mau menggunakan internet dengan lebih manfaat.

    5. Anda buka link artikel saya tentang tips memadamkan syahwat di masa puberitas, sangat cocok untuk anda, setelah membaca jangan lupa comentnya ya….ini linknya: https://ahmadbinhanbal.wordpress.com/2011/08/18/tips-memadamkan-gejolak-syahwat-di-masa-puberitas/

    sekian dari saya dan kepada teman-teman yang lain yang memiliki kepedulian terhadap masa depan anak bangsa silahkan ikut berkomentar dan memberi nasehat, semoga nasehat anda menambah khazanah keilmuan kita dan memberi manfaat untuk sesama.

  9. Gak sengaja saya buka” situs nemunya masalah onani..hehehe

    mumpung masalah onani saya mau tanya mas,,,klo orang” yang sering melakukan onani apakah bisa menyebabkan mandul (tdk punya keturunan}…?

    • Masturbasi atau onani biasanya dilakukan pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya belum memiliki pasangan atau ketika jauh dari pasangan, sementara hasrat seksual sedang menggebu. Secara ilmiah masturbasi tidak ada hubungannya dengan kemandulan, ejakulasi dini, impotensi, rambut rontok atau lutut keropos, semua itu hanyalah mitos belaka yang tidak ada kebenarannya. Hanya saja frekusensi masturbasi yang terlalu sering kurang baik dampaknya, sebab dapat mengurangi produktivitas.

      Yang benar dalam dampak buruk onani adalah dalam masalah psikis bukan fisik, yang akibatnya sangat fatal. Bisa menimbulkan gangguan jiwa seperti fobia mendekati perempuan, merasa diri berdosa, cepat marah, dll.

      Sehingga disarankan meninggalkan onani. Biasakan jangan sering di dalam kamar, atau mengurung diri. Banyak aktifitas, seperti olahraga, ikut kajian atau menghafal al-quran bersama teman insya Allah itu lebih manfaat dunia akhirat.

      itu sedikit jawaban dari saya…oh ya…terima kasih atas kunjungannya ya…

  10. Lha kalau masalah reproduksi bagipria apabila produktivitas sperma sudah penuh pasti akan keluar melalui mimpi basah,, Pertanyaan saya : Bila melakukan onani dengan tujuan agar tidak keluar saat tidur dan jauh dari najis saat bangun tidur itu bagaimana…???
    mohon di jawab ke sini balloneivan@rocketmail.com,, mksih sebelumnya//

    • Allah swt telah menciptakan tubuh manusia dengan sangat sempurna dan tidak ada cacat dan kekurangan dalam semua ciptaan-Nya. Seperti mimpi basah (emisi nokturnal) yang biasanya dialami laki-laki adalah peristiwa alami yang terjadi akibat kantong sperma yang telah penuh dari sperma testis, akibatnya kantong itu tidak bisa menampung lagi dan dikeluarkan lewat penis ketika mimpi basah. Mimpi basah juga menjadi tanda bahwa seorang remaja telah memasuki masa puberitas.

      Maka proses alami ini jangan anda halangi dengan melakukan onani yang jelas-jelas itu dilarang dan akan mempengaruhi keseimbangan tubuh. Biarkan proses alami ini berlaku sebagaimana adanya….

      Jawaban semisal sudah saya kirim di email anda, tak lupa saya ucapkan terima kasih atas komentar dan kunjungannya di blog sederhana ini.

  11. Terimakasihh sudahh menyadarkan Saya Lewat Postingannya… Saya akan berusaha Untuk Berhenti melakukan Dosa Ituu…
    Mohon Dukungannya!

    • Alhamdulillah…saya senang sekali ada yang terbantu dengan tulisan-tulisan saya…sebagai tambahan saya ingin memberikan link blog yang bisa anda baca untuk menambah wawasan tentang bahaya onani.
      berikut ini linknya http://caraberhentionani.blogspot.com/

  12. asslamua’laikum…!
    lsung aj yah,, sy laki2 brusia 25 thun,,sy mlakukan onani dri sy sjak skolah dsar smpe skrang… sy tau onani itu hkumnya haram dan sy jga tau onani to mrusak mental… kadgng ada rasa ingin jauh dari yg namaX onani,,, dlu sy smpat tdk melakukn onani slama 6 bln,,,sy mlakukn puasa sunah untuk trhindar dari maksiat,,dan sya mencari ridho sang Illahi dgn shlat brjama’h dmasjid… tapi sya gk tau knp to smpe smentara,,sya jga trpancing untuk melakukannya lg…
    sya merasa dah kecanduan… dan ap yg sya hrus lakukan biar hasrat ntuk melakukn dosa ni trhalang “untuk tdk melakuknx lg” mhon bantuanx
    trima ksh

    • Sebelumnya saya ingin mengingatkan kepada anda bahwa perbuatan onani bukanlah kebiasaan yang biasa-biasa saja, onani adalah perbuatan haram yang dilarang apalagi sampai menjadi sebuah kebiasaan. Para ulama dan ahli kesehatan juga telah menyatakan adanya mudharat yang akan merusak kesehatan pelakunya serta melemahkan kemampuan berhubungan suami-istri ketika berkeluarga. Selain itu pula onani merupakan perangai buruk yang rendah dan hina serta memalukan. Seorang muslim yang berakal dan berakhlak mulia akan menjaga dirinya semaksimal mungkin dari perbuatan yang hina ini.

      Adapun nasihat saya kepada anda dan yang semisal anda adalah sebagai berikut:
      1. Hendaklah bertaubat kepada Allah l dan memohon ampunan-Nya.
      2. Menyabarkan diri agar tidak terjatuh kembali ke dalam kebiasaan buruk itu dan memohon pertolongan kepada Allah l agar mampu menghindarinya.
      3. Segera menempuh solusi yang akan membebaskannya dari onani dengan cara menikah, jika sudah mampu biaya untuk itu.
      4. Jika belum mampu menikah, hendaklah memperbanyak puasa hingga syahwatnya benar-benar hilang dan luluh dengan puasa.
      5. Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan ibadah dan kegiatan duniawi yang bermanfaat baginya untuk mengalihkan pikirannya dari onani.
      6. Menjauhkan diri dari hal-hal yang membangkitkan syahwat, seperti melihat wajah dan sosok wanita secara langsung atau melalui gambar, bercampur baur (ikhtilat) dengan wanita, dan yang semisalnya yang bisa membangkitkan syahwat.

      Ini yang bisa saya nasihatkan, semoga anda diberi taufiq dan hidayah oleh Allah swt untuk membenahi diri dan menjalani lembaran hidup yang baru. Dan jangan sampai anda berputus asa dari rahmat Allah swt karena kesempatan untuk bertaubat masih terbuka lebar dan tidak ada kata terlambat selama hayat masih dikandung badan.

      Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw:
      احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلاَ تَعْجِزْ
      “Bersemangatlah engkau untuk meraih apa-apa yang bermanfaat bagimu dan mohonlah pertolongan kepada Allah l, serta janganlah engkau berputus asa.” (HR. Muslim)

  13. terima kasih atas ilmu agama tentang larangan onani atau masturbasi yang ente berikan melaluin website ini..
    Sangat berguna sekali..

    • Alhamdulillah…

      • Alhamdulillah. . .
        Trima kasih mas, atas postingannya. Sangat bermanfaat skali..

      • Terima kasih kembali dukungan dari para pembaca semua sangat berarti untuk perkembangan blog kami.

  14. Tank you ats nashetx ya..
    Ya allah tlng aq smg bs brhti dr hl yg tdk brmanfaat slm in.

    • Amin..Semoga penjelasan sederhana ini bermanfaat.

  15. Website / blog ini bermanfaat bnget, ketika saya membaca semua ini dari awal hingga akhir, saya sadar, padahal saya bru saja melakukan itu, dan saya search tntng cara menghindari onani,dan menemukan blog ini.Saya skrng sudah mengerti dan paham. 1. Pertanyaan saya dari umur 10-skrng 18 thn sering banget melakukannya, hingga saya sadar kenapa tubuh dan tinggi bdan saya tdk brbh dll, apa ada jga pngaruh itu atau tidak? Mohon jawabannya terima kasih

    • Onani bisa mengurangi kemampuan tubuh seperti selalu lemah dan lesu tak bergairah dalam beraktifitas bahkan bisa mengurangi konsentrasi dan kemampuan otak.

      Air mani merupakan saripati yang paling asasi dan paling baik, jika terlalu lama tertahan akan menyebabkan berbagai penyakit, memunculkan beraneka ragam pikiran negatif serta melahirkan cinta buta, was-was dan gangguan lainnya.

      Adapun kepada bentuk tubuh atau tinggi-pendek badan tidak berpengaruh signifikan atau bukan menjadi penyebab utama tubuh jadi pendek.

      Tapi kebiasaan itu harus dijauhi segera dan coba kebiasaan baru yang lebih bermanfaat seperti joging dan olah raga lain.

      Kata dokter olah raga teratur akan membuat pertumbuhan badan seimbang.

  16. […] Sumber […]

  17. ini saya ada beberapa tips untuk berhenti, semoga bermanfaat
    http://menjadiberlimpah.blogspot.com/2013/05/cara-untuk-lepas-dari-kebiasaan-buruk.html

    • Terima kasih atas partisipasinya meramaikan stream coment ini. Tautannya sangat bermanfaat.

  18. makasih infonya min

    • Sama-sama, semoga bermanfaat.

  19. onani stop

  20. sangat membantu,saya akan berusaha menjauhi maksiat ini

  21. setuju,harus menjahui ,larangan itu,krena merusak
    segalanya

    • Terima kasih.

  22. Ya Allah semoga kami diberi perlindungan, Amiin.

  23. semoga artikel ini menjadi hidayah bagi kita selaku hamba allah, aamiin

    • Aamin, yaa rabbal alamin

  24. Reblogged this on masyhudulyoungforever.

  25. Aku masih berusia 14 tahun. Dan aku sangat sering onani. aku ingin bertobat tapi selalu saja aku melihat film-film porno. seperti cium-ciuman ataupun tentang bersetubuh. Rasanya seperti yang telah diteliti bahwa usia remaja adalah usia rawan. Aku selalu mencoba melihat hal-hal yang berhubungan dengan wanita. Iya sih, aku agamanya Kristen tapi semua agama kan sama saja tentang hal-hal ini. Karena memang telah dilarang untuk berbuat sesuatu yang pada dasarnya akan membuat kita terjerumus dalam Neraka. Aku ingin minta saran tentang bagaimana cara bertobat dari onani. Karena setiap kali mau bertobat esoknya malah onani lagi. Duh, aku minta pertolongannya ya plis deh… Soalnya ini juga demi kebaikanku ataupun kamu yang melihat ini. Namaku gk perlu tahu, karena aku gaptek soal internet ini. Yang kutahu hanya jika buka Youtube dan klik situs tentang seks maka kita dapat melihat tayangan seks. Aku ingin minta sherr atau pengalaman yang dilakukan untuk membuatku menjadi lebih baik lagi dari sekarang. Aku juga sudah dibabtis. Tapi aku masih saja beronani jadi mulai sekarang aku ingin bertobat tapi tidak tahu cara yang membuatku bisa bersungguh-sungguh untuk bertobat sepenuhnya dan kembali ke jalan yang benar. (Ket = Aku onani mulai dari kelas 2 SD )

  26. Tolong yang cepat sarannya. Soalnya aku bingung ini web apa ya titlenya.

    • Adik kecil yang semoga disayang oleh Allah swt. Saya akan mencoba membantu adik untuk mulai meninggalkan kebiasaan beronani.

      Kakak -biar lebih akrab- sangat kaget ketika tahu kalau adik sudah lama kecanduan onani, dan adik sedang memasuki fase remaja dan puberitas yaitu fase paling spesial dengan berbagai kekuatan dan kedahsyatannya.

      Salah satu masalah yang sering jadi sorotan di usia remaja adalah dorongan seksual yang begitu kuat sehingga muncul perilaku seksual yang menyimpang.

      Di masa ini dorongan seksual sering meledak-ledak ditengah lingkungan yang…tapi di masa ini pula meledak kekutan jiwa yang baik dalam diri pemuda.

      Maka adik, dalam dirimu sudah ada dua kekuatan yaitu kekuatan untuk larut di jalan kerusakan dan kekuatan menelusuri jalan kemuliaan. Jadi obatnya ada dalam diri kamu.

      Sebelumnya kami ingin menghaturkan permintaan maaf sebesar-besarnya atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan anda yang sekiranya menbutuhkan jawaban segera.

      Pornografi di internet telah membuat tontonan porno lebih mudah di akses oleh kaum muda dari segala usia. Menurut sebuah penelitian dan survei bahwa anak-anak dibawah usia 17 menghabiskan 65% waktunya di situs pornografi internet daripada situs permainan.

      Porno itu adiktif atau candu yang membawa kesenangan jangka pendek, tapi kemudian mulai mengambil alih kehidupan anda dan menurunkan harga diri anda.

      Biasanya pornografi disertai dengan masturbasi. Jauhi masturbasi. Sekali masturbasi menjadi kebiasaan, sulit untuk berhenti dan akan mengurangi harga diri anda.

      Banyak remaja menggunakan masturbasi sebagai cara melarikan diri dari kecemasan atau depresi dan akhirnya merasa buruk karena masalah tetap ada.

      Adapun saran kami agar terhindar dari kebiasaan buruk ini dengan beberapa hal sebagai berikut.
      1. Menghafal al-quran
      2. Mengisi waktu dengan olah raga
      3. Mengisi waktu dengan belajar dan membaca
      4. Mengisi waktu dengan ibadah
      5. Mengisi waktu dengan kegiatan ilmiah (komputer, otomotif dll)
      6. Orang tua mendorong mereka untuk berpuasa
      7. Sikap terbuka orang tua dengan anak dan saling memahami seperti teman
      8. Keteladanan yang baik dari orang tua
      9. Doa orang tua.

      Sekian jawaban dari kami. [ ]

  27. Assalamualaiku Wr , Wb
    Saya adalah seorang islam yg sering menjalankan perintah Allah SWT seperti Sholat , Berpuasa , DLL , tetapi salah satu keburukan saya adalah melakukan hal yg keji yaitu ONANI, setelah saya melakukan hal tersebut saya menyesal , dan langsung berpikir untuk tidak mengulanginya lagi, tapi setelah 5hari, 1 minggu , 3 minggu saya melakukannya lagi, dan itu terulang terus. di sekolah saya dikenal dengan laki2 yg tdk mau dekat dgn perempuan ( bukan muhrim ) itu wajar, tetapi d rumah mengapa saya selalu memikirkan mereka ( perempuan ) padahal saya sudah menjauh kan diri dari mereka. ?
    Tolong sarannya mengapa saya begini dan apa solusi yg tepat.,
    terimakasi

    • Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Keislaman kita kebanyakan dari keturunan sehingga kurang pemaknaan dari setiap ritual ibadah kita seperti shalat misalnya banyak kita mengerjakan shalat tapi seakan gak ada pengaruhnya dari shalat kita. Ibadah bukanlah pelaksanaan tata cara formal belaka. Tujuan ibadah adalah untuk mempertajam daya nalar dalam memahami kebenaran, mencari jalan terdekat menuju kebenaran dan membuat manusia dapat mengekang hawa nafsunya.

      Waktu baca komentar anda saya termenung sebentar dan menyadari kalo keadaan anda hampir sama dengan saya.

      Saya pernah belajar di pesantren dan dikenal orang yang sangat pemalu kalau bertemu perempuan.

      Bencana bermula ketika saya mulai kenal internet walaupun saya sangat jarang ke warnet dan kalaupun ke warnet untuk mencari tugas kuliah. Buruknya warnet sekarang, mereka nyediain tontonan-tontonan tak bermutu itu. Dan saya menyesal dan ingin berhenti dari kelakuan buruk onani, salah satu yang saya lakukan dengan menulis artikel seperti ini, dengan menulis saya termotivasi untuk meninggalkan onani.

      Manusia itu memang tempatnya salah dan lupa, kita tidak dituntut untuk bebas dari kesalahan, bebas dari kesalahan bukan tabiat manusia. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah tidak membiarkan gelombang nafsu menyeret anda dari perbuatan buruk ke perbuatan lain yang lebih buruk. Pancangkan tekad yang kuat untuk meninggalkan onani, jika terpaksa melakukan itu maka bertekadlah untuk tidak terjerumus lebih dalam lagi.

      Mohonlah perlindungan (istiadzah) agar Allah berkenan menjaga jiwa kita agar tetap suci, tidak tergoda bisikan syaithan dan tidak dirasuki niat jahat.

      Agar diri kita benar-benar terlindung dari godaan syaithan. Kita jangan merasa cukup hanya dengan memohon perlindungan. Setelah memohon perlindungan, kita harus melakukan amal perbuatan untuk menghindari segala keburukan dan kejahatan.

      Bila anda berdoa, “Aku berlindung kepada Allah dari perbutan onani yang buruk”, maka Allah takkan mengabulkan doanya kecuali dengan upaya keras menghindari maksiat dan bujukan, dan selalu menunaikan kewajijban yang diperintahkan.

      Tapi bila tidak melakukan apa-apa dan justru menuruti hawa nafsu maka anda telah menghancurkan diri anda, sebab ucapan dan permohonan anda berjauhan dari perbuatan dan tindakan nyata.

      Sekian jawaban kami dan semoga bermanfaat. [ ]

  28. Saya adalah laki2, umur 21 tahun mau ke 22 tahun, dari sd saya sering mlakukan kegiatan ini, dan tidak bisa terlepas dari perbuatan ini..

    MOhon bimbingannnya, gimna supaya saya bner2 biisa meninglkan ini, saya tersiksa dengan perbuatan saya ini, saya terus menangis kalau sudah melakukan perbuatan ini,

    saya sudah berkali2 bertaubat,

    ketika nafsu itu datang dan memuncak, saya tidak lagi bisa menahannya yang ada dipikiran saya, adlah melakukan itu,..

    saya sudah berkali 2 bertaubat, 3 hari saya bljar tdk mlkukan, kmudian mlakukan lagi, pernah saya tidak mlakukan smpai 2 bulan mungkin.tapi saya melkukannya lagi,, saya mohon, saya merasa tersiksa dengan perbuatan ini, hati saya menyesal, saya ingin menangis tiap kali setelah melakukan ONANI , setiap HARI SAYA DIPENUHI PENYESALAN, DAN TIDAK ADA MOTIVASI UNTUK HIDUP, Hanya penyesalan dan saya tidak bisa meninggalkannya,,

    syaa harus berbuat apa ?? … saya😥😥

    seringkali bertaubat, dan saya tetap mlakukan perbuatan itu lagi,..

    saya mohon bantu saya.. T_T ,saya merasa hancur,

    semogha ALLAH mau memaafkan saya , dan mengubah kehidupan saya, dan menerima taubat saya dan saya bisa terbebas dari mlakukan perbuatan ONANI , dan hidup dengan ketentuannya yang benar dan melakukan yang diperintahkan olehNYA, ..
    Ya ALLAH TUNJUKILAH DAN BIMBINGLAH HAMBAMU INI,, KE JALAN YANG ENGKAU RIDHOI JALAN YANG BENAR YA ALLAH.. T_T

    • Tak seorangpun yang tidak pernah melakukan kesalahan. Entah disengaja atau tidak, kita semua pernah membuat kekeliruan. Namun demikian tiap kesalahan pasti memiliki pintu kesempatan untuk memperbaikinya. Upaya perbaikan yang positif akan memberi peluang baru.

      • Kenapa kebiasaan martubasi susah saya hindari,padahal dalam hati punya keinginan tapi ttp saja saya melakukanx.
        Jujur,shalat taubat dan shalat sunnah lainx sudah z krjakn agar mndpatkan ampunan kepada Allah SWT,tpi apa?kbiasaan itu ttp saja mncul n bergerak intuk melakukanx.
        Saya bingung mw bgaimna lgi agar kbiasaan yg dharamkan bisa saya jauhi dan tinggalkan.
        Saya tdk ingin shalat dan ibdahku sia2 bgitu saja.
        Saya butuh motivasi,saya butuh bimbingan yg bisa membut kbiasaan buruk ini hilang dan tdk kembapi lagi dlm pkiran saya untuk melakukan kembali.
        Mhon bntuanx..

  29. Makasih banget ya buat yg membuat artikel tersebut. Semoga saya bisa mengurangi kebiasaan buruk tersebut

    • Alhamdulillah, dahulu ada seorang wanita yang tertarik dengan seorang pemuda tampan, seluruh waktunya tersita untuk memikirkan yang dicinta. Wanita itu menggodanya, namun pemuda itu membalas dengan menasihatinya, ‘Aku nasihatkan kepadamu untuk melindungi dirimu dari nafsumu dan kuperingatkan dengan firman Allah swt “Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari, dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari”.

      Mendengar ayat ini, wanita tadi memundukkan kepala dan air matanya mengucur deras. Setelah tenang, dia pun pulang ke rumah dan memperbanyak ibadah.

      Semoga kisah di atas menambah semangat kita untuk belajar menahan nafsu. Dan janji nabi adalah surga bagi siapa yang bisa menahan nafsu.

      • Admin ada pk line atau sosmed lainnya, klw ada aku bs mintak pin nya? Cos aku sangat terkesan dgn artikel di atas n mau nanya bnyak hal lg tp pengennya private,
        Klw admin s7 krm aja k Ansyahardi64@yahoo.com

      • Saya bisa dihubungi di nomer WA berikut: 0857 1964 7457 atau di email ahmadbinhanbal@gmail.com

  30. Terimakasih atas postingnya om admin…
    saya mau bertanya.. apa onani dikamar mandi bisa melahirkan anak tuyul.. pertanyaan ini muncul dari BC BBM saya… atau gmna yaaa…

    1 lagi,, saya juga SERING melakukan onani,, tapi saya takut dosa,, di setiap saya mau beribadah kemes’jid, saya mandi wajib dulu… pertanyaan saya.. apa itu diperbolehkan? mohon bantunnya min..

    oh yaaa,, sebelumnya jga saya sempat baca, ‘KECUALI DILAKUKAN DENGAN TANGAN KIRI’ memang knpa om klo dngn tngan kanan?

  31. asamualaikum sya adi, sya mau nnya gni sya dlu prnah mllukan onani umur 18 skrang sya umur 22 slma tiga taun, sya sudah berbuat gitu tpi sya mrsa dosa, sya pngen bertaubat puasa sya lkukakan…
    yg sya hrankan saat mrlmar kerja,sya sllu ga di terima sya sllu gagal apakh itu dosa saat sya dlu melakukan itu beri srannya ya…

  32. terima kasih banyak atas postingan yg anda berikan,banyak pelajaran yg bisa saya petik dalam postingan ini,karna postingan ini saya jadi sadar betapa bahaya nya melakukan onani,, terima kasih banyak

    • Alhamdulillah, senang sekali jika artikel saya ini bermanfaat, terima kasih kembali sudah sedia datang di blog sederhana kami ini. semoga kita dimudahkan dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah.

  33. Assalamualaikum wr. Wb
    alhamdulillah seteleh membaca post di atas, hati sy tersentuh sekali. Krn sy org yg selalu menganiaya diri dgn perbuatan tdk manfaat itu.. Sy sering khilap krn dihimpit sekian ribu masalah, sebagai pelampiasan. Skrg sy menyadari btapa meruginya.. Semoga sy dan khalayak yg merasa sm dgn sy, mnjadi pribadi muslim yg taat dan alim. Smoga bs melawan hawa nafsu dan dekat dgn Allah. Makasih admin
    wassalam

    • Waalikum salam wr wb. Alhamdulillah jika artikel sederhana ini bisa bermanfaat dan menyadarkan anda. Semoga dimudahkan oleh Allah swt dalam melakukan ketaatan. Amiin ya rabbal aalamiin.

  34. Terimakasih untuk postingannya …sangat bermanfaat

  35. Walah gt toooooo, bermanfaat bgt, semoga bs lebih pintar tentang larangan2 yg ada,

    • Amin…

  36. assalamualaikum mas, saya sudah bisa menahan onani sudah lumayan lama, tetapi saya tiba2 saya tidak bisa menahan hawa nafsu saya dan tanpa saya menyentuhnya tiba2 keluar, padahal saya sudah bernadzar utk dengan tujuan menghindari zinah.
    saya baca2 juga di blog lain, kesimpulannya boleh dilakukan asal dgn sebab utk menghindari zinah.
    mohon bantuannya ya, terima kasih

  37. assalamualaikun wr.wb

    kak, saya ingin bertanya, waktu umur 12 tahun saya selalu beronani, tapi karna saya belum tau hukum untuk wajib mandi junub seusai melakukannya, jadi saya hanya mandi biasa tanpa niat apapun atau kadang saya hanya membersihkan celana yg terkena cairan sperma. pertanyaan saya, apakah sholat dan puasa yg telah saya kerjakan sah? Mohon dijawab kak .. dan skrg umur sya sudah 15 thn..

    trima kasih🙂

  38. Susah banget ngilangin kebiasaan yang satu ini

  39. Oom bagaimana cara tobat dari onani atau menghilangkan dosa onani ?

  40. Subhanallah Sesungguhx Aku termasuk hamba yang dha’if ampuni hamba yaa Robby

  41. Alhamdulillah dengan adanya posting ini semoga saya dapat berhenti melakukan perbuatan tersebut
    Terimakasih atas postingannya

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: