Fitur Baru Alfanous


alfanous-logoHari ini tim pengembang Alfanous mesin telusur Al-Quran mengumumkan fitur-fitur tambahan di web Alfanous. Di sini pengembang mengupgrade kemampuan Alfanous untuk bisa mencari kalimat-kalimat mendetail yang semakin mempermudah pengguna men-searching dan menyingkap kemampuan sebenarnya dari Alfanous.

Bagi yang belum tahu, Alfanous adalah mesin telusur Al-Quran yang canggih dan modern, Free dan Open Source. Dua tahun sebelumnya sudah teraplikasi untuk versi desktop di Windows dan Linux kemudian versi web.

Berikut fitur baru dari Alfanous:

1. Pencarian berkait suatu kalimat. Pengguna bisa mencari kalimat apa saja yang dia sukai dengan sekali klik dan tidak perlu memperhatikan harakat ayat karena Alfanous tidak memperdulikan harakat sehingga pengguna bisa mencari kata dalam Al-Quran seluas-luasnya. Berikut contoh ketika mencari kata “رب” dan tanda kursor ada di atas kata “السماوات”.

alfanous-clickable

2. Mencari dengan harakat tertentu suatu kalimat. Terkadang pengguna bisa membatasi pencarian dengan harakat tertentu seperti kata “من” tanpa harakat yang bisa mencakup kata “مَنْ” isim, “مِنْ” huruf dan “مَنَّ” kata kerja. Atau mencari i’rab kalimat apa saja. Berikut contoh ketika mencari kata “السماء”.

alfanous-ss2

3. Membatasi pencarian pada kalimat tertentu dengan menggunakan tanda asterik *…*. Alfanous bisa mencari kalimat dan turunannya dengan menggunakan tanda bintang. Atau mencari sesuai derivasi ayat dengan meng-klik kalimat tertentu yang diinginkan. Contoh berikut menunjukkan hasil berbeda ketika mencari kata “الرحمن”.

alfanous-ss3

4. Membatasi hasil pencarian pada surat atau tempat turun ayat. Membatasi hasil pencarian di surat atau hizb sangat membantu pengguna sampai kepada hasil yang dicari dengan cepat. Semua itu bisa dilakukan hanya dengan mengklik nama surat, nomer hizb atau nomer halaman yang ingin dicari. Begitu juga ketika pengguna ingin mencari berdasar tempat turunnya ayat, dia tinggal mengklik kata “مكية” atau “مدنية”. Berikut contoh gambar hasil pencarian setelah di klik.

alfanous-ss4

5. Mencari berdasarkan tema. Dengan meng-klik saja, pengguna juga bisa melakukan pencarian berdasarkan tema tertentu dengan mengklik judul pasal atau babnya. Berikut contohnya.

alfanous-ss5

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: