Jam Makkah akankah menjadi pengganti Greenwich Mean Time (GMT)??


Awal bulan Ramadhan 1431 H, menjadi saat yang penting bagi dunia Islam, yang akan selalu dicatat oleh sejarah. Ketika itu zaman menjadi saksi ‘detak detik’ jarum jam Makkah Al-Mukaramah, yang tingginya mencapai 400 meter dan lebar 40 meter. Dan menjadi jam terbesar di dunia saat ini.

Jam Makkah ini bersinar setiap lima waktu shalat dengan 21. 000 lampu yang berwarna putih dan hijau. Jika bertepatan dengan hari-hari besar islam, seperti bulan hijriyah atau hari raya, maka dari jam ini akan menyorot ke atas 16 cahaya yang berkekuatan 10 kilo watt dalam satu sorotan, yang jaraknya bisa sampai melebihi 10 kilo meter.

Jam Makkah memiliki empat sisi, pada sisi utama terdapat lafdhul jalalah (Allah), yang termasuk lafdhul jalalah terbesar pada sebuah jam. Lihat saja, panjang huruf alifnya lebih dari 23 meter, lambang bulan purnama yang ada di puncak jam ini juga yang terbesar yang pernah dibuat, garis diagonalnya mencapai 23 meter.

Di tengah-tengah jam ini terdapat arsitektur dua bilah pedang dan pohon kurma yang menjadi lambang kerajaan Saudi. Tahukah anda berapa panjang jarum jamnya?? Panjang jarum detiknya mencapai 23 meter dan panjang jarum jamnya 17 meter

Jam ditempatkan di menara kelima dari Raja Abdul Aziz Proyek Endowment pada ketinggian 380 meter dan dapat dilihat dari semua sisi. Nama Allah telah tertulis pada masing-masing dari empat wajah jam. Dua jam wajah termasuk prasasti akan 80 meter dan 65 meter lebar, dan diameter akan panggil 39 meter.

 Dua lainnya akan jam 65 meter dan 43 meter dengan lebar, sementara diameter panggil mereka akan 25 meter. Dua lift akan membawa pengunjung ke balkon dengan lebar lima meter di bawah jam. Bangunan tengara juga akan membawa karya seni dekoratif yang rumit Islam.

 Menara Jam Makkah saat selesai akan menjadi tertinggi di dunia – lebih tinggi dari Istana Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan di Warsawa, Big Ben di London, Rajabai Clock Tower di Mumbai, dan Allen-Bradley Clock Tower di Milwaukee.

 Raja Abdul Aziz Endowment Project, yang menghadap ke Masjid Kudus dan telah dipilih sebagai lokasi jam tertinggi di dunia, adalah salah satu proyek terbesar di dunia konstruksi.

 Proyek ini dinilai bangunan arsitektur terbesar dalam pandangan dari total area, yang melebihi 1,4 juta meter persegi. Dirancang menggunakan arsitektur Islam, berisi tujuh menara yang berdekatan, dengan 6.000 unit rumah, dan memiliki lebih dari SR6 miliar ($ 1,6 miliar) dalam investasi.

 Dengan pembangunan jam, Arab Saudi, khususnya Wilayah Barat, akan menjadi tempat dua landmark dunia, termasuk Fountain Jeddah, yang 261 meter tingginya.

 Area air yang mengalir adalah 4.000 meter persegi. Tiga pompa raksasa yang digunakan untuk memompa air dengan kecepatan 320 km per jam dan 261 meter tingginya.

Pada konferensi di Doha pada 2008, ulama dan cendekiawan muslim mempresentasikan “ilmiah” argumen bahwa waktu Makkah adalah meridian global sejati. Mereka mengatakan bahwa Mekkah adalah pusat dunia.

Negara pertama yang takut dan geram dengan kehadiran jam ini adalah Inggris yang menjadi letak Grenwich. Situs BBC di Inggris membuat sebuah pertanyaan, “Dimanakah jam terbesar di dunia?” lalu mereka menjawab “di Makkah”. Majalah Daily Telegraph yang terbit pada tanggal 12 Agustus 2010 juga menulis bahwa jam Makkah ini akan menggantikan posisi Grenwich.

Senarai video dan gambar dari Jam Makkah

sumber:

http://www.okaz.com.sa/okaz/osf/20070314/Con2007031495206.htm

http://arabnews.com/saudiarabia/article99369.ece

http://ar.wikipedia.org/wiki/ساعة_مكة

One Response

  1. Yesss. MMT will be Replaced GMT … !!

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: