arradif4

Pada postingan terdahulu saya pernah menulis tentang Quthrub, aplikasi yang mampu membantu para santri, pelajar dan peminat bahasa Arab untuk mengetahui derivasi kata dalam bahasa arab seperti fi’il madhi, mudhari’ dan amr dan bentuk-bentuk waktu lainnya.

Salah satu programmer dari Quthrub adalah Thaha Zaruqi yang berasal dari Aljazair, bersama programmer lainnya seperti Musthafa Amarah, Isham Hamud, dan Profesor Marwan Albawwab ia menyelesaikan program quthrub ini.

Dan Ar-Radif adalah aplikasi lainnya yang ia buat untuk mempermudah para penggunanya mencari kata-kata (atau al-kalimat) dalam bentuk yang muradif (persamaan kata), mudhadh (lawan kata) atau mencari kata-kata yang bentuk qafiyah (huruf akhirnya) tidak tertentu.

Sampai sekarang dalam aplikasi ini telah terkumpul 5070 kata yang muradif, 8884 kata yang mudhadh, 7139 kata yang berbentuk Jama’ Taksir, dan 32995 kata yang bentuk qafiyah (huruf akhirnya)-nya tidak tertentu.

Aplikasi ini dibuat open source oleh pengembangnya sehingga diperbolehkan bagi siapa saja untuk ikut andil mengembangkan program ini.

Keterangan singkatnya sebagai berikut:

Platform: Windows, Mac

Cost: Free / open source

Access: Web-based (online)  & Desktop-based (offline)

Support: http://radif.sourceforge.net

Link: http://radif.sourceforge.net/

Source: الرديف، المعاجم العربية Radif arabic synonyms and antonyms

Contoh Praktik Menggunakan Ar-Radif

Saya mencoba mencari lawan kata dari kata حكيم

Saya mencoba mencari persamaan kata dari kata حكيم

Saya mencoba mencari Jama’Taksiir dari kata حكيم

Demikian, dan sila mencoba sendiri di tautan yang sudah saya berikan di atas.