Ar-Radif, Vocabulary Tool untuk mencari kata Muradif, Mudhadh dan Jama’ dalam Bahasa Arab


Pada postingan terdahulu saya pernah menulis tentang Quthrub, aplikasi yang mampu membantu para santri, pelajar dan peminat bahasa Arab untuk mengetahui derivasi kata dalam bahasa arab seperti fi’il madhi, mudhari’ dan amr dan bentuk-bentuk waktu lainnya.

Salah satu programmer dari Quthrub adalah Thaha Zaruqi yang berasal dari Aljazair, bersama programmer lainnya seperti Musthafa Amarah, Isham Hamud, dan Profesor Marwan Albawwab ia menyelesaikan program quthrub ini.

Dan Ar-Radif adalah aplikasi lainnya yang ia buat untuk mempermudah para penggunanya mencari kata-kata (atau al-kalimat) dalam bentuk yang muradif (persamaan kata), mudhadh (lawan kata) atau mencari kata-kata yang bentuk qafiyah (huruf akhirnya) tidak tertentu.

Sampai sekarang dalam aplikasi ini telah terkumpul 5070 kata yang muradif, 8884 kata yang mudhadh, 7139 kata yang berbentuk Jama’ Taksir, dan 32995 kata yang bentuk qafiyah (huruf akhirnya)-nya tidak tertentu.

Aplikasi ini dibuat open source oleh pengembangnya sehingga diperbolehkan bagi siapa saja untuk ikut andil mengembangkan program ini.

keterangan singkatnya sebagai berikut:

Platform: Windows, Mac

Cost: Free / open source

Access: Web-based (online)  & Desktop-based (offline)

Support: http://radif.sourceforge.net

Link: http://radif.sourceforge.net/

One Response

  1. […] Alfanous dan Thaha Zaruqi yang membuat aplikasi bahasa Arab berbasis open source Quthrub, Misykal, Radif dan At-Tafqith yang bisa merubah angka bahasa Arab jadi kalimat, insya Allah akan segera saya tulis […]

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: