Google plus penantang baru Facebook


Google + adalah jejaring sosial baru yang diluncurkan oleh raksasa internet, google. Tentu saja hal ini dilakukan untuk mengikis dominasi Facebook yang sangat berjaya di dunia jejaring sosial dalam beberapa tahun ini. Google plus sebenarnya adalah usaha kesekian google untuk melawan facebook setelah sebelumnya mencoba menelurkan google wave, google buzz dan orgut namun hal tersebut sepertinya sia-sia karena respon pengguna internet sangat minim dan nampaknya masih lebih setia menggunakan facebook daripada produk-produk google tersebut. Nah bagaimana dengan google plus ini?

“Kami ingin memperbaiki pengalaman berbagi di Internet sebelumnya,” kata engineer senior Google, Vic Gundotra, seperti dikutip dari Bangkok Post, Rabu 29 Juni 2011.

Berikut selengkapnya tentang apa saja kelebihan dari google plus:
1. Pastinya BerIntegrasi dengan Layanan Google.
2. Mempunyai Manajemen Teman Yang Lebih Baik.
3. Lebih Gampang Menemukan Hal Untuk Dibagi.
4. Pengguna Dapat Mengambil Kembali Data-datanya seiap saat.
5. Melabelkan Foto Lebih Baik.
6. Fitur Obrolan Grup Yang Mantap.
7. Aman Berbagi Konten.
8. Google Lebih Baik Mengurusi Data Pribadi.

Sebelumnya, Google juga telah melempar produk baru seperti Google Wave dan Google Buzz yang ternyata tak laku di pasaran. Namun, dengan produk anyarnya ini, Google tak mau gagal lagi. Manajemen menawarkan sedikitnya empat fitur yang menjadi andalan mereka :

1. Circles. Fungsi ini bisa digunakan untuk memasukkan nama-nama teman ke dalam grup dan pengguna bisa berbagi konten dengan format berbeda di dalam lingkaran pertemanan ini.

2. Hangouts. Ini adalah layanan conference lebih dari dua orang dengan video call.

3. Huddle. Layanan ini menyediakan grup-grup di jejaring ini untuk mengirim pesan instan.

4. Sparks. Fitur ini menghubungkan individu dalam jaringan ini kepada orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap suatu hal.

Saat ini versi Google+ baru bisa dinikmati oleh segelintir pengguna dan hanya bisa dinikmati lewat undangan dari pengguna yang sudah terdaftar. Tapi, Google berjanji secepatnya jejaring sosial ini bisa segera dinikmati oleh jutaan pengakses Google setiap harinya.

“Jejaring sosial seperti ini memerlukan pemikiran yang serius. Jadi kami masih butuh waktu untuk mempersiapkannya,” ujar Vic Gundorta Senior Vice President of Engineering Google dalam rilisnya

Cara Daftar Google Plus +

1. Wajib memiliki email milik google yaitu gmail.com, jika belum punya silakan daftar dulu.
2. Selanjutnya Kunjungi alamat https://plus.google.com/up/start/?sw=1&type=st
3. Pada langkah ini silakan Klik Keep Me Posted dan Silakan masukan First name dan email yang sudah ada sebelumnya.
4. Silakan mencari teman sebanyak-banyaknya.
Namun dikarenakan pada saat ini google plus masih menggunakan sistem invite dan jumlah pengguna masih dibatasi, Jadi harap bersabar dulu

Google+ melanjutkan mencatat sejarah sebagai jejaring sosial dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Paul Allen, Co-Founder Ancestry.com dalam analisisnya menyebutkan, Google+ telah mencapai 18 juta pengguna hingga hari Selasa (19/7/2011) waktu Amerika. Namun pertumbuhan ini turun 50 persen.

“Pekan lalu, kita melihat lebih dari 2 juta orang meregistrasi Google Plus dalam satu hari,” kata Allen dalam analisisnya seperti dikutip Mashable. “Jika angka ini berlanjut, Google Plus akan mencapai 20 juta pengguna pada hari Minggu malam mendatang. Namun dalam empat hari terakhir, pengguna Google Plus rata-rata bertambah 948.000 orang, dan kemarin hanya bertambah 763.00 pengguna. Pertumbuhan kemarin hanya 4,47 persen, ini angka terlambat sejak Google Plus dibuka 6 Juli 2011 lalu,” demikian analisis Paul Allen.

Untuk mengetahui ulasan lengkap seputar Google plus, dapat anda baca di blognya jararsiahaan.com, atau bisa di klik di link berikut: http://jararsiahaan.com/category/google-plus-gplus/

untuk mengetahui preview dari jejaring sosial baru ini bisa dilihat apda video berikut ini:

Selain Google Plus, saingan Facebook yang kedua dari Google adalah The Google comment system yang hampir dipastikan menjadi saingan berat Facebook, fitur ini memiliki link yang mendalam untuk jaringan Google  dan situs web, komentar pengindeksan di Google Search, dan yang paling penting, sistem akan tersedia untuk digunakan pada situs pihak ketiga.

Sistem komentar ini akan dimasukkan di Google +, Google Search dan layanan web lainnya di belakang Google. Ini mungkin merupakan strategi baru untuk membuat orang tertarik pada Google + lagi, meski itu cara yang licin dan sulit dihindari.

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: