BlankOn Sajadah, OS Islami Racikan Anak Negri


Apakah Linux itu ?
Kata “Linux” saat ini semakin banyak didengar oleh pecinta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Saat ini, Linux telah menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan di berbagai kalangan, seperti kalangan bisnis, pendidikan, dan pemerintahan. Hal ini disebabkan oleh Linux yang bersifat terbuka dan merdeka. Siapapun bisa mengembangkannya dan menggunakannya secara bebas. Linux merupakan kernel atau dasar dari sistem operasi yang pertama kali ditulis oleh seorang mahasiswa Finlandia bernama Linus Benedict Torvalds pada tahun 1991.

Hasil karyanya dilisensikan secara bebas dan terbuka (Free Software) sehingga siapa saja boleh mengembangkannya. Kemudian Richard Stallman, seorang aktivis perangkat lunak pendiri Free Sofware Foundation (FSF) berniat untuk menggabungkan Linux ke dalam proyek sistem operasinya yang bernama GNU (GNU is Not Unix). Karena pada saat itu, proyek GNU sama sekali belum selesai mengimplementasikan kernel sistem operasi. Akhirnya, dengan dirilisnya kernel Linux, terjadilah perkawinan antara peralatan (tools) yang dibuat oleh proyek GNU dengan kernel Linux yang dibuat oleh Linus Torvalds, sehingga menghasilkan sistem operasi baru bernama GNU/Linux, sebuah sistem operasi yang mirip dengan UNIX. Kesemua komponen dari sistem operasi GNU/Linux dilisensikan berdasarkan lisensi yang disebut GNU General Public License (GPL) yang ditulis sendiri oleh Richard Stallman.

Lisensi ini memungkinkan setiap orang untuk secara bebas mengembangkan bahkan menjual Linux dengan syarat semua pengembangan yang telah dilakukan harus juga dipublikasikan kepada umum. Pada perkembangan selanjutnya, Linux juga dipaketkan dengan perangkat lunak lain untuk keperluan tertentu seperti server, desktop, perkantoran, internet, multimedia, dan lain-lain sehingga menjadikannya apa yang disebut dengan distribusi Linux atau yang sering dikenal dengan istilah distro Linux. Karena sifat Linux yang terbuka, siapapun bisa memaketkan Linux dengan perangkat lunak pilihannya dengan cara pemaketan masing-masing untuk membuat distribusi Linux. Saat ini, banyak sekali terdapat distro-distro Linux yang memiliki segmen pasar, fitur, kelengkapan dan cita rasa yang berbeda. Anda bisa melihat semua distribusi Linux yang ada melalui situs http://www.distrowatch.com.

Distro Linux juga bisa disebut sebagai sistem operasi atau operating system (OS) karena sudah memiliki perangkat lunak untuk melakukan operasi pada komputer. Linux pada awalnya berkembang di lingkungan server, karena Linux sangat handal dalam hal kestabilan sistem. Namun, dengan semakin pesatnya dunia perangkat lunak terbuka, Linux kini juga merambah ke dunia desktop. Perkembangan sangat pesat ini tidak lepas dari peran para sukarelawan yang berjasa dalam menyumbangkan ide dan tenaganya untuk mengembangkan Linux.

Apa itu Linux BlankOn Sajadah?

BlankOn Sajadah adalah salah satu racikan (varian) BlankOn Linux ang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dengan mengusung filosofi kemudahan, kehandalan serta dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk dunia pendidikan dan perkantoran. linux ini memuat berbagai perangkat lunak Islami. Paket-paket yang disertakan antara lain pengingat waktu sholat, arah kiblat, Al Qur’an dan terjemah, tartil Qur’an, pembaca hadist dan Kalender Hijriyah.

BlankOn seperti yang ditulis oleh situs resminya mempunyai 2 arti. yang pertama diambil dari nama penutup kepala orang jawa ( blangkon ), dan arti yang lain adalah dari blank (kosong) menjadi On (hidup atau bisa ).

Distro ini cocok untuk Home PC karena sudah dilengkapi dengan alat penyaring konten pornografi dan kekerasan yaitu DNS Nawala, sehingga anak-anak kita bisa lebih aman ketika berselancar ria di dunia maya.

Fitur
BlankOn Sajadah yang berbasiskan BlankOn 6.0 Ombilin merupakan edisi racikan islami pertama dari BlankOn Linux versi 6.0 Ombilin, mempunyai fitur dasar yang ada di BlankOn Ombilin edisi regular, seperti Aksara Nusantara, Chromium, Stardict dll yang ditambah dengan Fitur khas Islami seperti:
• QiOO – Al Quran di OpenOffice,
• Zekr – Al Qur’an terjemah dan suara tartil daring dan luring – online/offline (6.1),
• Othman Quran dan Noor – Peramban Al Quran
• Minbar – Pengingat waktu sholat,
• Peramban Internet Chromium
• Peramban Internet Firefox + addon penginat sholat dan webstrict,(6.1 dihilangkan)
• Stellarium – aplikasi melihat tata surya / planetarium,
• Dukungan penulisan huruf arab,
• Penyaring konten negatif webstrict dansguardian,(6.1 dihilangkan)
• DNS Nawala – DNS Penyaring domain berkonten negatif,
• Hijra – Kalender Islam,
• Monajat – Aplet penampil Doa-doa,
• Thawab – Ensiklopedi dan penampil ebook hadis dan kitab,
• Hadis-Web – Kumpulan hadis hadis Bukhori, Muslim dll

BlankOn Juga memiliki fitur bawaan lainnya seperti: Contextual Desktop + GNOME 2.26, Office Applications: OpenOffice 3.0.1, GNUCash, GIMP 2.6.6, Inkscape 0.46, Firefox 3.0 Web Browser, Kernel 2.6.28, LXDE 0.3.2.1 Desktop, Office Applications: AbiWord 2.6.6, GNUmeric 1.8.4, GNUCash 2.2.6 dan Epiphany 2.26 Web Browser, Fitur-fitur standar yang biasa digunakan oleh pemula yang baru migrasi, silahkan menentukan pilihan nya, tetap menggunakan OS berbayar dengan berbagai aplikasi yang tidak tersedia secara default, atau menggunakan OS yang halal dengan semua aplikasi menarik didalamnya.😀

Master BlanOn dapat diunduh di beberapa server berikut:
http://kambing.ui.ac.id/pub/blankon/blankon-sajadah/rilis/6.1/
http://buaya.klas.or.id/pub/blankon/blankon-sajadah/rilis/6.1/
http://blankon.idrepo.or.id/blankon-cdimage/blankon-sajadah/rilis/6.1/
ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/blankon/blankon-sajadah/rilis/6.1/
Pilihlah yang iso untuk melakukan dowloadnya sehingga mudah untuk dicopy di DVD R
Atau bisa didownload di sini: http://fauzi.web.id/blog/free-download-blankon-sajadah-islamic-linux-indonesia.html

Berikut ini screenshot dari BlankOn Sajadah

Sumber Artikel: Dokumentasi BlanOn Sajadah

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: