Menginstall Maktabah Syamilah di linux lewat wine


Maktabah Syamilah (atau Maktabah Shameela) adalah software Kitab Digital yang memuat ribuan kitab-kitab induk, diantaranya: Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Thobary, serta kitab-kitab hadits seperti Shahih Bukhari dan Shahih Muslim.Di windows software handal ini sudah compatibel tetapi di linux belum, dan hal inilah yang banyak membuat pengguna linux enggan untuk migrasi penuh ke linux, mungkin developernya belum menengok linux sebagai sasaran penggunanya.

Setelah berhasil mengimplikasikan (menginstal) maktabah alternatife di linux yaitu maktabah elkirtasse saya jadi penasaran ingin mencoba menginstall maktabah syamilah, setelah nyari-nyari referensi alhamdulillah dapat di blognya Akhi Maulana Mufti (terima kasih akh)  dan bisa berjalan normal seperti di windows hanya saja huruf arabnya tidak rata ke kanan dan ada yang dimulai dari tengah. Dan sebelum membahas langkah instalasinya, terlebih dahulu kita bahas apa itu wine? wine adalah sebuah perangkat lunak atau software untuk menjalankan software atau aplikasi Windows di Linux, wine pertama kali dibuat oleh Bob Amstadt  dan Eric Youngdale  pada tahun 1993. Versi terbarunya adalah wine 1.3.17 yang baru dirilis tanggal 1 april kemarin.
Dan berikut ini langkah-langkah menginstal makatabh syamilah di linux lewat wine

  1. Sebelumnya program Wine sudah ada di sabily anda, kebetulan program Wine yang ada di komputer saya versi 1.3.17
  2. Rubah seting bahasa sabily anda menjadi saudi, caranya klik System – Administration – Language Suport, lalu pilih  العربيه السعوديه
  3. Restart komputer anda
  4. Install Maktabah Syamillah menggunakan Wine
  5. Kemudian buka folder instalasi maktabah syamillah, cari file setting.inf , buka file tersebut menggunakan gedit, lalu rubah tulisan font “Ms Sans Serif” menjadi “Traditional Arabic” , kemudian save kembali file tersebut.
  6. Buka Aplikasi Maktabah Syamillah, lalu masuk ke konfigurasi maktabah syamillah, rubah font yang ada di konfigurasi maktabah syamillah menjadi traditional arabic semua, atur ukuran fontnya, dan warna huruf atau backgroundnya, lalu simpan konfigurasi tersebut.

Sekarang saya akan menunjukkan screenshotnya. Screenshot yang saya tampilkan adalah screenshot sebelum dirubah jenis fontnya, dan setelah dirubah fontnya menjadi Traditional Arabic, berikut screenshotnya…

Ini adalah screenshot sebelum fontnya dirubah menjadi Traditional Arabic

Ini adalah screenshot setelah font dirubah menjadi Traditional Arabic

Ini screenshot maktabah Syamilah ketika dibuka di sabily dengan seting language adalah english (united states)

Screenshot awal dibuka maktabah syamilah sebelum seting warna dirubah ke defaultnya

Screenshot setelah setingan warna dirubah, tapi ada kekurangan yang sampai sekarang belum ketemu, yaitu tulisannya tidak rata ke kanan semua, tapi ada yang dimulai dari tengah

Xbook, aplikasi untuk mengakses kitab Syamilah di linux

Nah!!jika anda sudah berusaha mencoba observasi menginstal Syamilah lewat wine seperti di atas dan belum berhasil, jangan putus asa dan jangan sampai menghilangkan semangat untuk bisa membaca kitab di Linux, alhamdulillah sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membaca file yang berekstensi .bok, hanya dengan mengklik saja, anda sudah bisa membaca kitab di linux.

Xbook mulai dibuat pada tanggal 2011-09-23  dengan lisensi GPL (General Public License) yang dibuat dengan program C++.

Penggunaan Xbook sendiri lebih mudah dan simpel daripada Thawab, karena dengan Xbook kita tidak perlu meng-add kitab Syamilah, tinggal klik saja sudah bisa membaca kitab Syamilah.

Untuk mendownload aplikasi ini bisa anda klik link ini, atau anda bisa menginstallnya lewat PPA dengan mengetikkan perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:kovax3/xbook && sudo apt-get update

dan

sudo apt-get install xbook…

berikut ini video dari xbook

2 Responses

  1. Reblogged this on MultiBoots Computer and commented:
    Maktabah Syamilah di Linux lewat Wine

    • Terima kasih atas kerja samanya dengan me-reblog artikel di atas. Merdeka….Semangat Open Source….

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: