Tips Menggunakan Facebook Secara Sehat


Internet, siapa yang tidak kenal dengan internet?

Hari gini nggak kenal internet, mungkin ada sebagian orang yang mengatakan ketinggalan jaman, walaupun itu tidak selamanya benar. Kemunculan internet membawa dampak yang sangat besar. Kenapa? dengan internet apa yang kita cari mudah kita dapatkan. Dengan internet informasi semakin cepat, banyak kemudahan yang kita peroleh dengan sarana internet ini. Tapi apakah ada bahaya didalam internet?? Jawabannya banyak, bahkan sangat banyak,.. jika kita prosentasi keburukan dan kejelekan di internet, mungkin 99 % kejelekan, dan 1 % kebaikannya, bahkan mungkin kurang dari itu.

Internet bagaikan pedang bermata dua, salah kita menggunakannya maka akan mencelakakan diri kita sendiri. Hingga ada pernyataan yang muncul, apa sih yang tidak ada di internet? Kita memasukan kata kunci apapun, maka akan muncul semua info yang berkaitan dengan kata itu. Oleh karena itu bekal yang sangat cukup dan kokoh wajib diperlukan ketika membuka internet ini. Keimanan dan ketakwaan sangat diperlukan ketika kita membuka internet.

Perasaan selalu diawasi oleh Allah harus selalu melekat di hati kita, mungkin kita merasa malu jika ada seseorang yang mengawasi kita ketika sedang berinternet ria, sehingga nyasar kemana-mana, membuka web porno,memutar film jorok, atau chating dengan lawan jenis tanpa kenal aturan…. akan tetapi….. terhadap Allah yang maha kuasa, yang mengawasi segala gerak-gerik kita,… tidak pernah kita merasa malu… kita berlindung dari hal tersebut.

Apa hubungan pendahuluan diatas dengan trik dalam menggunakan facebook?

Kita mungkin sudah sering mendengar hadits yang maknanya adalah jika kita melihat kemungkaran, maka cegahlah dengan tanganmu, jika tidak mampu cegahlah dengan lisanmu, jika tidak mampu maka ingkarilah dalam hatimu.

Apa yang akan saya sampaikan adalah salah satu bentuk mencegah kemungkaran yang ada dihadapan kita, dan kita sangat mampu untuk mencegahnya.

Apakah bentuk kemungkaran itu?

Kali ini yang akan saya munculkan adalah kemungkaran-kemungkaran berkaitan dengan facebook.

Hal yang sangat mencolok dan menyilaukan mata kita, juga penyebab keimanan kita berkurang, adalah maraknya gambar-gambar yang bertentangan dengan syariat islam. Yang lebih memprihatinkan adalah ternyata yang memajang gambar-gambar tersebut adalah orang islam itu sendiri. Bukan hanya prianya saja, akan tetapi para wanitanya juga dengan bangga memamerkan kecantikannya, disebarkan kepada semua orang,. kita berlindung dari hal ini.

Tidakkah mereka takut akan ancaman Allah bagi orang yang memasang gambar-gambar makhluk bernyawa?

Apalagi yang dipasang adalah gambar yang dapat membangkitkan syahwat?

Bagi pengguna internet, pengelola website, para blogger, tukang design web, juga semua orang yang bekerja dan sering berhubungan dengan gambar-gambar, sudah seharusnya mengetahui ancaman bagi orang-orang yang memajang atau membuat gambar-gambar bernyawa.

Berikut ini trik untuk menggunakan facebook sehingga anda terbebas dari gambar-gambar, sebab gambar-gambar yang difacebook dapat memalingkan niat kita ketika menggunakan facebook ini. Sebab facebook ini merupakan komunitas terbuka yang semua orang bisa memajang segala macam gambar, baik gambar yang baik, atau gambar yang merusak keimanan kita.

Berikut ini trik-triknya:

1. Gunakanlah mozila firefox sebagai browser anda
2. Masuk ke menu preferences atau options >> Content >> centang menu Load images automatically lalu klik tulisan yang sejajar disebelah kanannya yaitu tulisan exeptions.
3. Copi paste alamat ini di kolom Address of web site: masukan alamat tersebut satu persatu, lalu tekan tombol Block

* creative.ak.fbcdn.net
* photos-a.ak.fbcdn.net
* photos-b.ak.fbcdn.net
* photos-c.ak.fbcdn.net
* photos-d.ak.fbcdn.net
* photos-e.ak.fbcdn.net
* photos-f.ak.fbcdn.net
* photos-g.ak.fbcdn.net
* photos-h.ak.fbcdn.net
* platform.ak.fbcdn.net
* profile.ak.fbcdn.net
* a1.sphotos.ak.fbcdn.com
* a5.sphotos.ak.fbcdn.com

4. Setelah itu tekan Close ,

5. Buka Facebook anda, maka anda terbebas dari gambar-gambar yang ada di facebook.

Mudah-mudahan trik ini bisa bermanfaat, dan menjadi salahsatu dari bentuk mencegah kemungkaran dengan tangan kita sendiri.

Sungguh banyak sekali gambar-gambar yang bertentangan dengan ajaran islam yang mulia di facebook ini. Oleh karena itu, sudah saatnya kita memblokirnya, sehingga gambar-gambar tersebut tidak muncul. Dampak dari itu, semoga kita bisa lebih mengambil sisi positif dari facebook, yaitu untuk menyebarkan kebaikan ke seluruh dunia.

Karena facebook, tergantung pengguna, dan niat si pengguna tersebut, apakah untuk kebaikan, ataukah untuk kejelekan. lalu ingat dan camkanlah pesan-pesan berikut:
لاَ صَغِيْرَةَ مَعَ الإصْرَار

Tidak lagi disebut dosa kecil jika (perbuatan maksiat itu) dilakukan terus menerus

يَا عَلِيّ ُ! لاَتُتْبِعِ النَّظْرَةَ النَّظْرَةَ , فَإِنَّمَا لَكَ الأُولَى وَلَيْسَتْ لَكَ الأَخِيْرَةُ

“Wahai Ali janganlah engkau mengikuti pandangan (pertama yang tidak sengaja) dengan pandangan (berikutnya), karena bagi engkau pandangan yang pertama dan tidak boleh bagimu pandangan yang terakhir (pandangan yang kedua)

العَيْنَانِ تَزْنِيَانِ وَزِنَاهُمَا النَّظْرُ

“Dua mata berzina, dan zina keduanya adalah pandangan”

مَا تَرَكْتُ بَعْدِي فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاء

Tidak pernah aku tinggalkan fitnah yang lebih berbahaya terhadap kaum pria daripada finah para wanita

إِنَّ الْمُؤْمِنَ يَرَى ذُنُوْبَهُ كَأَنَّهُ قَاعٍِدٌ تَحْتَ جَبَلٍ يَخَافُ أَنْ يَقَعَ عَلَيْهِ، وَإِنَّ الْفَاجِرَ يَرَى ذُنُوْبَهُ كَذُبَابٍ مَرَّ عَلَى أَنْفِهِ فَقَالَ بِهِ هَكَذَا

“Seorang mu’min memandang dosa-dosanya seperti gunung yang ia berada di bawah gunung tersebut, dia takut (sewaktu-waktu) gunung tersebut jatuh menimpanya. Adapun seorang munafik memandang dosa-dosanya seperti seekor lalat yang terbang melewati hidungnya lalu dia pun mngusir lalat tersebut.”
semoga artikel ini bermanfaat😉

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: