Pelatihan Linux, Website dan Hacking di Pondok Pesantren Nurul Hadid


Tanggal 5-6 Maret 2011 adalah hari bersejarah bagi Pondok Pesantren Nurul Hadid yang berlokasi di desa Winduhaji, Sedong, Cirebon karena telah berhasil mengadakan acara yang jarang dilakukan oleh pesantren manapun yaitu pelatihan linux, website dan hacking dengan mengundang 26 pondok pesantren yang ada di Jawa dan Sumatra, meskipun tidak semua undangan hadir karena ada halangan masing-masing tetapi acara ini berlangsung dengan baik.

Tutor dari pelatihan ini adalah salah seorang teman saya dulu di ponpes Nurul Hadid.

Pada hari pertama teman saya memberikan materi tentang linux yang pokok materinya meliputi:

  •  Sejarah linux
  •   Distro linux
  •   Metode operasi
  •   Instalasi linux
  •   kenapa linux lebih baik (why linux is better)

Sejarah linux diawali dengan proyek Linus Torvald membuat kernel Mini Unix (Minix) yang disebarkannya melalui mailing list dengan menyertakan source code-nya. Kernel dari Linus Torvald ini dikenal dengan nama Linux dari kata Linux dan Unix.

Untuk menghindari pemalsuan dan hak cipta, Linus Torvald segera menjadikan Linux  menjadi sebuah Trademark. Linux terdaftar sebagai Program sistem operasi komputer. Untuk itu diperlukan sebuah logo/maskot. Dari pengalamannya demam tinggi setelah digigit burung Penguin, ide muncul untuk menjadikan penguin sebagai logo/maskot, dengan harapan semoga pengguna bener-bener demam setelah menggunakan Linux. Dari pembuat desain Logonya, Penguin ini diberi nama TUX dari Torvald Unix.

Kemudian pembicaraan beralih ke sistem pendistribusian OS linux ini yang dikenal dengan istilah Distro linux, untuk mendapatkan distro ini ada beberapa cara:

  1. Download file ISO linux, untuk linux ubuntu yang dipilih di pelatihan ini dapat di download di http://ubuntu.com/download
  2. Pesan CD ubuntu gratisan (Shipit) yang ada di website ubuntu.com dengan url https://shipit.ubuntu.com/
  3. Membeli master ubuntu yang disediakan oleh pihak ketiga seperti di http://www.okusicomputersupport.com/

Sedangkan untuk instalasi, el-farhatz menjelaskan bahwa hampir semua instalasi linux kurang lebih pasti melalui cara berikut:

  1. Booting via CD/DVD/USB
  2. Pengaturan bahasa, waktu, susunan keyboard, dll
  3. Partisi
  4. Pemberian username dan password
  5. Finishing

Dalam proses instalasi ubuntu yang perlu diperhatikan betul adalah proses partisi harddisk karena banyak orang yang kehilangan datanya karena tidak memperhatikan proses ini. Di lingkingan linux dikenal 3 jenis partisi yaitu partisi primary, extended dan logical, setelah itu siapkan satu partisi kosong untuk membuat partisi yang akan digunakan saat proses installasi ubuntu.

Selanjutnya pembicaraan beralih kepada kelebihan-kelebihan linux, di sini teman saya mendoktrin peserta tentang kelebihan-kelebihan linux, di antaranya:

  1. Tidak perlu bayar
  2. Bebas
  3. Lupakan hardware driver
  4. Lupakan virus
  5. Aplikasimu sudah terinstal
  6. Tidak perlu komputer mahal
  7. Lebih stabil daripada windows

Yap, inilah materi pelatihan di hari pertama pelatihan tentang linux disini tutor cukup berhasil mendoktrin peserta untuk beralih ke OS linux atau menjadikan komputer atau laptop peserta menjadi dual OS.

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: