Hukum Membaca Al-Quran Dengan Lagu-Lagu


 Pendahuluan

Prof. Ali Musthafa Ya’qub pernah menceritakan dalam salah satu bukunya tentang seseorang yang naik mimbar untuk membaca Al-Quran ketika sedang mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran MTQ tingkat nasional. Ia tidak dapat bersuara sama sekali, padahal sebelumnya ia tidak apa-apa. Ia tetap berusaha untuk membaca Al-Quran, tetapi tetap tidak dapat bersuara. Akhirnya ia turun meninggalkan mimbar. Kemudian ia terbatuk-batuk, dan keluarlah sesuatu dari dalam mulutnya. Ternyata yang keluar dari mulutnya adalah pecahan-pecahan kaca.

Kejadian seperti yang diceritakan Prof. Ali Musthafa Ya’qub di atas bukanlah hal yang mustahil terjadi pada orang-orang yang selalu bergumul dengan Al-Quran. Sebab tidak sedikit perilaku-perilaku yang tidak qurani justru dilakukan oleh oknum yang selalu dekat dengan Al-Quran.

Masalah melagukan dan mengiramakan Al-Quran merupakan masalah kontroversial dan belum banyak dikenal orang. Prof. Ali Musthafa Ya’qub pernah menulis lampiran di buku beliau yang berjudul “Nasihat Nabi SAW untuk Qari-qariah Hafidh-hafidhah” yang kemudian saya tulis ulang untuk di upload di blog ini. Lampiran makalah yang lain tentang “Hukum Tentang Wanita Membaca Al-Quran Dihadapan Lelaki Lain” dan “Hukum Menerima Imbalan Dalam Mengajarkan Al-Quran”, insya Allah menyusul akan saya upload juga.

Materi-materi tersebut sebenarnya sudah ada dalam kitab-kitab ulama, hanya saja menjadi lebih menarik ketika dirangkum dan ditulis dalam bahasa Indonesia, apalagi oleh orang yang telah dikenal keilmuannya seperti Prof. Ali Musthafa Ya’qub. Dalam makalah tersebut, beliau juga mentarjih pendapat para ulama untuk mengambil jalan tengah.

Dalam penulisan ulang ini saya meminta maaf untuk tidak mencantumkan naskah arabnya seperti ayat Al-Quran dan perkataan ulama. Namun saya berusaha untuk teliti ketika menulis sumber rujukan sehinggaa pembaca yang membutuhkan bisa merujuk pada kitab yang dimaksud. Sekian pendahuluan dari Ahmad Ibnu Hanbal.

Kirim Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: